Senin, 28 Mei 2018

Lantamal VI berhasil giatkan rumput laut dan diminati masyarakat

Makassar, Wow keren... memasak dengan menggunakan bahan rumput laut ternyata menjadi perhatian dan diminati masyarakat. Hal ini terbukti dengan tingginya pembaca tentang berita "Korpri Sub Unit TNI Lomba Memasak berbahan Rumput Laut" digelar di Lantamal VI saat menyambut peringatan HUT Korpri tahun 2017 di Lantamal VI Makassar beberapa waktu lalu.

Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo mengatakan, sejauh ini ada 11.600 pembaca berita tersebut yang terdata di media online Infodarianda Elshinta. 

"Saat ini sudah mencapai 11.600 pembaca dan ini akan terus bertambah, ini salah satu indikator bahwa Lantamal VI telah berhasil gairahkan rumput laut dari hulu ke hilir. Ini artinya memang diminati," ujar Suparman, Kamis (18/01/2018).

Lantamal VI sendiri mulai giatkan rumput laut ini baru sekitar dua tahun terakhir. Diawali dengan survey ke daerah-daerah penghasil rumput laut di Sulsel, mempelopori pembentukan organisasi rumput laut di Sulsel dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan baik lokal maupun skala nasional, pembibitan, pengolahan, pengepakan, dan pemasaran.

Kadispotmar Lantamal VI Letkol Laut (KH) Jarwadi menambahkan bahwa langkah ini sejalan dengan program pemerintah lima pilar poros maritim pada pilar kedua membangun kedaulatan pangan dengan memanfaatkan sumber daya di laut dan kegiatan menggiatkan rumput laut ini adalah perintah langsung Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., dan beliau terjun langsung mengarahkan mulai dari survey, pembentukan organisasi, pelatihan dan pemasaran. Bahkan sampai dengan menyiapkan mini market sebagai wadah pemasaran hasil olahan rumput laut, yaitu Navy Mart Primkopal Lantamal VI yang beralamat di Jalan Satando Samping Kanan Gerbang Mako Lantamal VI.

"Sekarang kita sudah membina berapa kelompok masyarakat dan produknya sudah tersebar luas," tutur Jarwadi.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain