Minggu, 27 Mei 2018

Bentuk rasa syukur, Babinsa dan petani Demak makan bersama

Demak – TNI yang berasal dari rakyat, akan selalu dekat dengan rakyat dan berada di tengah-tengah rakyat, hal tersebut diterapkan oleh para Babinsa yang ada di Kodim 0716/Demak. Dengan penuh keakraban Babinsa Koramil 0716/03 Wonosalam membantu masyarakat petani yang sedang melaksanakna kegiatan panen padi.

Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan, Babinsa Koramil 03/Wonosalam Sertu Sobirin turun ke sawah membantu petani memanen padi di Desa Mojo Demak Kecamatan Wonosalam, Rabu (31/1/2018).

Pendampingan kepada petani oleh Babinsa dilakukan dengan sangat humanis penuh kekraban dan dengan suasana kekeluargaan sehingga para petani merasa tidak canggung menerima kehadiran babinsa di tengah-tengah mereka. Membangun kedekatan dan kepercayaan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk petani menjadi langkah penting bagi Babinsa di wilayah binaan.

Menghadapi para petani, Babinsa dituntut bisa lugas dan luwes mengingat budaya warga Demak yang sebelum panen akan mengadakan wiwitan. Ritual itu dilakukan sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur kepada bumi sebagai sedulur sikep, dan Dewi Sri (Dewi Padi) yang mereka percaya menumbuhkan padi sebelum panen, sehingga, upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah bisa berhasil.

Hal serupa yang selama ini sudah dilakukan oleh seluruh anggota Koramil 03/Wonosalam termasuk Sertu Sobirin saat melakukan tugas pendampingan. "Mereka para petani saya anggap seperti saudara sendiri, kami turun ke sawah bersama, menyiapkan lahan, menanam, merawat, dan memanen bersama, bahkan kami juga makan di sawah bersama mereka,” tutur Sobirin.

Di tempat terpisah, Danramil 03/Wonosalam Kapten Czi Alimuddin mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap petani dan masyarakat binaannya, hal ini untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah. “Koramil Wonosalam akan selalu siap mendampingi para petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional di Kabupaten Demak,” katanya.

Sementara itu, Suparman (52) menyampaikan kegembiraannya saat dibantu oleh Babinsa memanen padinya. “Maturnuwun pak Babinsa telah membantu saya memanen padi. Tadinya saya pikir Tentara hanya bisa pegang bedil, ternyata pandai juga bertani dan luwes bawa sabit,” kata Parman sambil tersenyum. (Pendim 0716/Demak)


REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pertanian