Jumat, 20 Juli 2018

Dandim 0716/Demak panen raya di Desa Mijen

Demak - Kegiatan panen raya di Desa Mijen, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, yang bertema ubin dan sergab, bersama anggota TNI PT BISI International Tbk dalam upaya mendukung akses pajale Kabupaten Demak 2018, yang langsung dihadiri oleh Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto, Kpl Pertanian Kab Demak Bpk Wibowo, Kabid Tanaman Pangan, Kabupaten Demak, Bpk Heri, Kasi Bidang Tanaman Pangan Bpk Kisman, Camat Kebun Agung Bpk Hartoyo, Kapolsek Kebun Agung Akp Sugiono SH MH, Danramil 04/Dempet Kapten Inf Bambang Susilo, Danpos Kebon Agung Peltu Nurkolis, Sekcam Kebonagung Bpk Wahyuntoro, Kepala Desa Mijen Bpk Sutrisno, para staf Dinas Pertanian Kabupaten Demak, serta ibu-ibu PKK Desa Mijen, Selasa (13/08/2018)‬.

Dalam acara besar tersebut Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianti beserta tamu undangan lainnya melakukan pemetikan padi secara bersamaan sebagai wujud simbolis proses panen raya. ‬Sedangkan keseriusan dari pihak TNI dalam ikut membantu dan menyukseskan program swasembada pangan, Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengerahkan seluruh Babinsanya melalui Danramil untuk mengawal dari proses tanam hingga panen.‬

Dalam sambutannya, Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan, ”Saya dengar sendiri dan salut disini desa yang cukup kreatif atau sangat kreatif bisa mengembangkan tanaman yang bisa mengurangi pestisida sampai dengan 50 persen kemudian juga ada pupuk organik".

Lebih lanjut, Dandim juga memotivasi para petani untuk lebih mengembangkan kreatifitasnya dalam hal pertanian. "Jangan berhenti disini saja terus semangat dikembangkan kreatifitasnya. Supaya hasil panen bisa makin maksimal, ketika kita lihat pemerintah dalam membantu masyarakat terutama pemerintah sudah membuatkan irigasi, bendungan agar supaya kelangsungan pertanian," imbaunya.

Dandim juga mengimbau agar para petani mau menjual hasil panennya ke pemerintah, dalam hal ini Dandim berharap para petani mau menjual gabahnya ke Bulog. "Itu karena kita harus menyiapkan cadangan logistik di wilayah yaitu mengisi gudang-gudang Bulog, kita semua yang mengisi, kalau bukan kita para petani yang isi gudang Bulog siapa lagi," kata dia.

"Dengan adanya stok beras di Bulog melimpah maka kita bisa menekan harga kebutuhan sehari-hari, jika harga beras saja tidak terkendali maka harganya kebutuhan yang lain akan naik jauh seperti contohnya bawang naik, pakaian jadi mahal, sepatu, beda dan juga kebutuhan yang lain," papar Dandim di hadapan para petani.

"Program pemerintah mengenai swasembada pangan nasional memang seharusnya ditingkatkan, sekarang tinggal serapan gabah untuk panen nasional. Itu memang perlu sosialisasi agar masyarakat mau membantu menyukseskan program pemerintah berupa SERGAB. Itu juga kan kembali kemasyarakat nantinya, berasnya untuk warga Demak juga lewat program raskin,” tambahnya‬.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Camat Kebonagung Bpk Hartoyo dan disambung dengan sambutan Kapolsek Kebonagung AKP Sugiono, SH MH yang inti dari sabutanya mengapresiasi hasil panen para petani Kecamatan Kebonagung serta berharap panen ke depan bisa lebih baik dari saat ini, jika panen bagus, melimpah sudah pasti para petani akan lebih sejahtera".

Dilanjutkan dengan imbauan Kapolsek, "Mengingat dalam waktu dekat ada kegiatan pilgub jangan terpengaruh dari hal-hal yang tidak ada manfaatnya jangan terlalu spaneng karena suhu politik sangat luar biasa". (Pendim 0716/Demak)
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pertanian