Rabu, 21 Februari 2018

Minimalisir pelanggaran lalin, unit Sub Denpom Pati laksanakan gaktib

Demak - Untuk menegakkan disiplin bagi Prajurit TNI dan PNS TNI, Unit Sub Denpom IV/32 Pati melaksanakan sosialisasi Gaktib/Penegakan Ketertiban kepada anggota Kodim 0716/Demak yang dilaksanakan di Lapangan Kodim 0716/Demak, Selasa (13/02/18).

Sebelum pelaksanaan Sosialisasi Gaktib, Kapten Inf Rahmad sugiarto, Pasi Inteldim 0716/Demak menyampaikan kepada anggota yang mengikuti sosialisasi bahwa tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah untuk menekan tingkat pelanggaran prajurit khususnya dalam berlalu lintas, karena selain mendengarkan sosialisasi akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dinas yang dibawa oleh anggota.

Penegakan hukum, disiplin, dan tata tertib di lingkungan TNI merupakan suatu keharusan yang mutlak dimiliki setiap Prajurit. Selain itu, berbagai bentuk tindak pelanggaran dan perbuatan melawan hukum, dalam sendi kehidupan prajurit secara langsung maupun tidak langsung jika dibiarkan dapat berpengaruh dan mengganggu keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Kodim 0716/Demak,” tutur Pasi Intel Kodim Demak.

Lettu Inf Agung Dan Unit PM Pati dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa sosialisasi ini adalah untuk menindaklanjuti perintah pimpinan. Sebelum pelaksanaan operasi penindakan dilaksanakan sosialisasi terlebih dahulu kepada seluruh prajurit TNI.

“Jika dalam operasi penindakan ada anggota yang melanggar maka anggota tersebut akan diberikan sanksi/hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Berharap kepada anggota Kodim 0716/Demak untuk melengkapi kendaraannya baik surat-surat maupun perlengkapan kendaraannya lainnya yang bertujuan untuk menekan tingkat pelanggaran prajurit khususnya dalam berlalu lintas”.

Pelaksanaan gaktib tersebut merupakan sebuah upaya penegakan disiplin dan kode etik keprajuritan di jajaran TNI -AD yang berada di lingkungan Markas Kodim 0716/Demak

Gaktib sangat dibutuhkan untuk memberikan dampak positif bagi konsistensi sikap dan perilaku Prajurit TNI AD.

Kegiatan penegakkan disiplin dan ketertiban bertujuan untuk menciptakan keamanan dan keselamatan demi menunjang pelaksanaan tugas satuan yang lebih baik.

Selesai pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan pemeriksaan dan pengecekan kendaraan dinas oleh Pasi Inteldim 0716/Demak didampingi anggota Unit PM dan Provost, sebanyak 70 orang anggota diperiksa mulai dari perlengkapan pribadi (SIM, STNK, Surat Izin, KTA) dan pengecekan kendaraan dinas (spion, lampu sen, rem, ban).

Kapten Inf Rahmad Sugiarto, berpesan kepada seluruh anggota Kodim 0716/Demak, agar tidak ada yang melakukan pelanggaran sekecil apapun baik dalam berlalu lintas maupun pelanggaran yang lainnya.

Kegiatan gaktib tersebut dilaksanakan secara berkala dan tidak menutup kemungkinan dilakukan secara mendadak dan seketika. Menurut Pasi Intel, hal tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan disiplin prajurit serta menghindari perilaku buruk, pungkasnya.

Hingga kegiatan berakhir, petugas Gaktib belum mendapatkan pelanggaran yang berarti. Hal ini sebagai bukti kuatnya kesadaran dan disiplin seluruh prajurit Kodim 0716/Demak.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.