Selasa, 19 Juni 2018

Peran orang tua penting dalam mendeteksi kanker pada anak

Jumlah penderita kanker anak dan remaja di RSUP dr Kariadi mencapai angka 30% dari kasus kanker yang ada, dan menempati urutan ke dua setelah kanker jantung. Sedangkan untuk kanker leukimia pada anak prevelensinya mencapai angka 42%. Tingginya kasus yang ada, pada hari Kanker Anak sedunia RSUP dr Kariadi selenggarakan acara bertema aksi deteksi dini kanker pada anak melalui gerakan masyarakat hidup sehat peduli kanker anak. Acara ini mengajak masyarakat, untuk sadari kanker sejak dini dan hidup sehat.


"Peran orang tua sangat penting dalam pendeteksian kanker pada anakp pertama, melalui mata dengan melihat kondisi dan perubahan pada anak, kedua dengan telinga yaitu dengan mendengarkan keluhan sakit pada anak." Ungkap dr Bambang Sudarmanto Sp. Ak Mars.

Kanker leukimia pada anak menyerang pada usia ke 0-18 th. Sampai sekarang belum diketahui secara pasti penyebab dari kanker pada anak. Untuk, dr Bambang mengharapkan kepada orang tua untuk hidup sehat, dengan cara mengkonsumsi gizi seimbang, hindari rokok, minuman alkohol, dan hindari makanan yang crispy.

Acara yang diikuti perwakilan puskesmas, PKK, Guru paud, serta keluarga pasien penderita kanker anak RSUP Kariadi. Dr bambang informasi yang didapatkan bisa disampaikan kepada masyarakat setempat. Agar kesadaran akan bahaya kanker dapat digelorakan.


Tidak hanya Talkshow saja, acara berlangsung diisi dengan lomba mewarnai bagi pasien kanker anak, dan penampilan barongsai.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa