Jumat, 21 September 2018

Nelayan cantrang di Pati mulai berangkat melaut

Pasca diijinkannya nelayan cantrang untuk melaut oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hingga pertengahan Februari nelayan cantrang di Juwana sudah berangsur mulai berangkat melaut.

"Ya alhamdulilla kali ini teman-teman nelayan khusunya nelayan cantrang sudah berangsur-berangsur melaut, mendapatkan kemudahan dari KKP dan Dishub," Jelas Jamari tokoh nelayan Juwana.

Menurutnya pemerintah pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan memberikan kemudahan bagi nelayan cantrang di Juwana. Lantaran ukuran kapal nelayan cantrang di Juwana diatas 30 GT, sementara yang diberikan ijin dibawah 30 GT. Namun dari pemerintah memberikan ijin kepada nelayan cantrang yang ada di Juwana Pati.

"Kemudahan itu karena yang dipakai nelayan itukan diatas 30 GT. Sementara itu, yang diberikan ijin kan dibawah 30 GT. Ada kekhususan, paling masalah perut. Pemerintah kan berpikir, sehingga ini dijinkan. Mudah mudahan bisa ditindak lanjuti nenjadi ijin nasional, sehingga tidak terbatas 30 GT, sehingga diatas 30 GT diijinkan," paparnya

Pihaknya berharap kedepannya yang diperbolehkan melaut tidak hanya sebatas kapal yang berukuran 30 GT saja. Sementara itu, sebagai bentuk rasa syukur atas diperbolehkan nelayan cantrang kembali melaut, menurutnya nelayan cantrang di Juwana bakal adakan kegiatan sholawatan.

"Bahkan di desa Bendar Kecamatan Juwana akan menyelenggarakan kegiatan sholawatan sebagai bentuk syukur atas diberikan ijin melaut kembali, "imbuhnya.

Hingga sekarang sudah ada 100 lebih kapal nelayan cantrang yang sudah mulai melaut.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain