Minggu, 22 Juli 2018

Kompak kampanyekan gelang amenia untuk masa depan

Gerakan penanggulangan amenia atau disingkat gelang amenia dengan cara pemberian tablet penambah darah, secara serentak dilakukan di sekolah-sekolah di Kecamatan Kandangan siang tadi. Program yang terafiliasi Dinas Kesehatan melalui Puskesmas ini, dikhususkan bagi siswi atau pelajar perempuan.

Kampanye “Gelang Mia” ini juga dihadiri Danramil Kandangan Kapten Czi Kustoyo didampingi Pelda Sunarto, Kapolsek Kandangan AKP Eka Purnama dan Camat Kandangan Sunar Utomo, Jumat (02/03).

Menurut dr.Linda Cahyono, anemia atau kekurangan darah, merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah protein pembawa oksigen dalam sel darah merah berada di bawah kondisi normal. Akibat dari anemia atau kekurangan darah adalah, sistem aliran darah akan terganggu dan tubuh akan kekurangan energi untuk menghasilkan energi.

“Maka tidak heran jika gejala anemia yang muncul adalah rasa lemas, pucat, gelisah dan terkadang di sertai dengan sesak nafas. Warna pucat di bagian-bagian tubuh seperti kelopak mata dan lidah juga merupakan salah satu gejala dari kekurangan darah,” jelas dr.Linda Cahyono.

Lanjutnya, gejala yang akan timbul ketika mengalami penyakit anemia ialah sakit kepala, denyut nadi tidak teratur, sering mual, sesak napas, kelopak mata pucat, menurunnya kekebalan tubuh, mudah lelah, wajah pucat, rambut rontok, ujung jari pucat.

“Yang harus segera dilakukan adalah pemeriksaan, agar ketika dinyatakan positif menderita anemia maka bisa dilakukan pengobatan sejak dini, karena jika tidak ditangani dengan segera maka akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Tetapi jika terjadi gangguan seperti anemia yang berkepanjangan, akan sangat membahayakan kesehatan,” pungkas.

Kampanye gelang mia ini diadakan di SMPN Kandangan dan SMPN Medowo. Pihak Puskesmas Kandangan sudah menyiapkan tablet-tablet penambah darah yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah siswi yang ada di sekolah tersebut. Tablet amenia ini sendiri diberikan secara cuma-cuma alias gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Kesehatan