Jumat, 21 September 2018

Penanggulangan bencana alam

(Kab. Kuningan), Anggota Koramil 1512/Lebakwangi Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ bersama BPPD dan masyarakan melaksanakan penanggulangan pasca Bencana Alam tanah longsor dan pengerasan tanah di Dusun Cigerut Wetan dan Cigerut Kulon Desa Cipakem Kec. Maleber Kab Kuningan, Senin (5/3).

Pada akhir bulan Februari 2018 yang lalu telah terjadi Tanah Terancam Longsor/Pergeseran Tanah di Dusun Cigerut Wetan dan Cigerut Kulon Desa Cipakem Kec Maleber Kab Kuningan, yang mengakibatkan terputusnya jalan Desa dari Dusun Cigerut Wetan dan Dusun Cigerut Kulon di desa Cipakem Kec. Maleber kab. Kuningan dan Kurang lebih 188 KK 644 Jiwa terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman.

Penanggulangan bencana alam juga harus menyeluruh tidak hanya pada saat terjadi bencana tetapi pencegahan sebelum terjadi bencana dan rehabilitasi serta rekronstruksi setelah terjadi bencana. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bencana alam tidak terlalu banyak menimbulkan dampak buruk bagi korban bencana alam.

Anggota Koramil 1512/Lebakwangi Kodim 0615/Kuningan beergerak cepat bersama pihak BPPD dan Masyarakat melaksanakan Penanggulangan bencana alam dengan Melaksanakan Pendataan ulang jumlah pengungsi, Melaksanakan penerimaan bantuan logistik di Posko bencana di Desa Cipakem, Memandu donatur penyumbang bantuan logistik menuju ke Posko Bencal Desa Cipakem, Melaksanakan pendistribusian bantuan logistik kepada pengungsi dan Melaksanakan pengamanan bantuan logistik, pengungsi dan area Bencal.

Babinsa juga mempunyai tugas membantu kesulitan serta memberi rasa aman bagi penduduk yang berada di sekitar tempat tinggalnya. dimana bertugas anggota TNI siap dalam segala hal, apalagi untuk membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat adalah bagian dari tanggung jawab sebagai seorang prajurit TNI, Ini merupakan Jatidiri seorang TNI mampu membaur ditengah tengah rakyat kecil yang kurang mampu dan membutuhkan, ini merupakan bentuk dari TNI manunggal bersama rakyat.

Kegiatan penanggulangan bencana alam terdiri dari 4 orang anggota Koramil 1512/Lebakwangi, 3 Orang anggota BPBD, 3 orang anggota Tagana, 13 Orang Aparat Desa, 10 orang anggota Dinas Kesehatan, 15 Orang anggota PKK dan 10 orang anggota Karang Taruna.
REDAKSI-Ma

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.