Jumat, 20 April 2018

Menstruasi tidak teratur waspdai PCOS, penyebab wanita sulit hamil

Menstruasi tidak teratur waspadai Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau Sindrom ovarium polikistik. Sindrom ovarium polikistik merupakan penyebab wanita kesulitan hamil, PCOS ditandai dengan meningginya produksi hormon androgen pada wanita sehingga munculnya ciri-ciri laki-laki pada tubuh seperti tumbuhnya bulu, suara semakin berat, rambut rontok, dan haid tidak teratur.

Sampai saat ini PCOS belum diketahui penyebabnya, namun yang bisa dipastikan adalah adanya faktor genetik. dr Eddy Wibowo Sp.OG mengungkapkan, PCOS bisa disembuhkan dengan terapi-terapi secara rutin.

"Terapi dan obat-obatan, secara kontinyu bisa mengendalikan hormon-hormon yang muncul dari PCOS. Jika pasien ingin hamil bisa dilakukan dengan progam hamil, serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar berat badan seimbang, " jelas dr Eddy Wibowo Sp.OG saat ditemui di SMC RS Telogorejo.

Prevelensi penderita PCOS mencapai angka 10% dari populasi wanita di dunia, dan biasanya mengalami over weight atau kurus. dr Eddy menghimbau untuk mewaspai siklus haid yang kurang lancar, dan PCOS bisa diatasi secara cepat jika diketahui sejak dini dengan diperiksa ke dokter. (Rep. Annida Azzakiyah)

REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa