Senin, 18 Juni 2018

Kunjungi Waduk Darma, Ridwan Kamil spontan buat sketsa pengembangannya

Terkesima dengan keindahan alam Waduk Darma, Kuningan, Kandidat Gubernur Jabar Ridwan Kamil berencana mengembangkan kawasan wisata tersebut dengan membangun berbagai fasilitas bagi para pelancong.

Rencana tersebut dituangkan Ridwan Kamil dalam sebuah sketsa ketika Wali Kota Bandung terbaik 2017 versi Kemendagri ini saat mengunjungi waduk di desa Jagara, Kecamatan Darma itu Ahad siang siang (25/3).

“Kalau ada ide yang melintas, saya rekam dalam bentuk sketsa,” kata ayah dua anak ini.

Ridwan Kamil berkunjung ke waduk itu dalam rangkaian kegiatan kampanyenya di Kabupaten Kuningan selama dua hari, Minggu dan Senin (26-27 Maret). Selain ke waduk itu, pada pagi harinya, dia ambil bagian dalam kegiatan jalan sehat memperingati Hari Lahir PPP, partai pengusungnya dalam Pilgub Jabar. Kemudian sore harinya mengunjungi korban tanah longsor di Desa Pinari, Kecamatan Ciniru, Kuningan.

Menurut Kang Emil sapaan akrabnya, dirinya memiliki beberapa gagasan antara lain membangun alun-alun kecil di pulau kecil di tengah waduk tersebut. Dia juga akan membangun landmark, tower, dan restoran di tengah air.

“Saya kira ini akan menarik dan mudah-mudahkan bisa diwujudkan,” ujarnya,

Kang Emil menuturkan, jika dikelola dengan baik waduk seluas sekitar 425 hektare yang dikelilingi oleh bukit dan lembah itu bisa menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Kuningan. Apalagi lokasi ini, bisa ditempuh hanya dalam tempo satu jam dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Majalengka. Pulau di tengah air itu, harus dimanfaatkan untuk mengundang wisatawan datang ke sini.

“Tinggal dipoles, dikembangkan dengan wahana, dan event-event internasional, serta penataan arsitektur yang baik, saya yakin ini bisa jadi kebanggaan Jabar,” kata dia.

Selama berkunjung ke waduk itu, Kang Emil menyapa warga yang sedang berwisata. Begitu melihat Kang Emil yang menyapainya, warga pun berebut untuk berswafoto bersama Wali Kota Bandung yang meraih 310 penghargaan itu.

Saat berkeliling, naik perahu motor mengitari waduk yang airnya berasal dari mata air Cihanyir dan hulu sungai Cisanggarung itu, Kang Emil berhenti di keramba ikan. Dia melihat-lihat keramba dan berbincang-bincang dengan petani keramba.

Kepala Pengelola Waduk Darma, Adam Firdaus mengaku bahwa pengembangan waduk yang dikelolanya sebagai destinasi wisata belum maksimal. Padahal area waduk yang memiliki pemandangan yang indah dan pengunjungnya setiap tahun mencapai 150 ribu orang.

Saat ini destinasi kebanggan warga Kuningan ini memiliki fasilitas antara lain, Camping Ground, outbond, vila pemondokan, kedai makan, fasilitas bermain, kereta motor, kolam renang, perahu wisata, dan panggung serba guna itu.

Ini adalah gerbang ke Kuningan bagian selatan. Apalagi setelah BIJB dibuka, wajah Kuningan di Bagian selatan ada di Waduk Darma. Sehingga, menurut dia, Waduk Darma harus ditata dan dikelola dengan baik.

Dia mengaku senang, waduk Darma dikunjungi Kang Emil sebab dia berharap banyak dari Kang Emil sebagai calon gubernur Jabar untuk mewujudkan ide-ide cemerlangnya membangun destinasi wisata tersebut.

“Apalagi ide-ide cemerlang yang tadi diungkapkan Kang Emil semoga bisa terealisasi seiring dengan terealisasinya Beliau menjadi Gubernur Jabar,” ujarnya.
REDAKSI-Ma

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.