Jumat, 27 April 2018

Warga Semanding temukan batu diduga bagian dari candi


Kediri, Bebatuan jenis andesit bercorak relief kuno berukuran panjang 80cm dan lebar 42cm serta tebal 21 meter yang ditemukan warga Desa Semanding. Batu itu diduga merupakan bagian dari struktur bangunan candi. Warga juga menemukan bebatuan yang menurut informasi berkembang, merupakan bata yang biasa digunakan di masa lalu. Lokasi penemuan bebatuan tersebut berada di Dusun Wonorejo Desa Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Selasa (27/03/2018)

Selain penemuan batu bercorak relief, juga ditemukan 2 batu yang diduga benda purbakala. Kejadiannya saat warga melakukan pengerukan tanah seluas sekitar 1 hektar milik Zainudin (54 tahun) warga Desa Semanding. Batu tersebut diidentifikasi berbentuk octagon (segi delapan) dengan lubang di tengahnya. Sedangkan menurut informasi sementara, batu tersebut berjenis andesit dengan ukuran yang berbeda-beda.

“Dari pengamatan sepintas, ada luka atau cela di beberapa bagian dari batu temuan warga ini, entah itu luka atau cela akibat alat pengeruk atau memang sudah dari dulunya seperti itu. Nantinya dari pihak berkompeten dalam bidang ini yang bisa menjawab secara benar dan pasti, kita hanya berdasarkan pengamatan dari kacamata awam,” ungkap Danramil Pagu Kapten Inf Tafsir.

Keterangan sementara dari Eko Priatna selaku Kepala Museum dan Purbakala Kediri, belum ada kejelasan apakah penemuan tersebut terkait dengan sejarah yang ada di Kediri atau bukan. Demikian juga fungsi bebatuan tersebut di masa itu, masih belum dapat dipastikan. Sementara itu berdasarkan informasi pihak Museum dan Purbakala Kediri juga sudah melakukan pendekatan kepada pemilik lahan untuk penghentian sementara waktu pengerukan hingga dilakukan penelitian.
REDAKSI-Ihu

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Ditemukan