Rabu, 18 Juli 2018

Material batu kapur sebagai pondasi rabat beton

Pati - Menganalisa kelayakan tanah yang distabilkan dengan batu kapur sebagai lapisan pondasi bawah pada suatu pekerjaan jalan. Menggunakan material batu/tanah kapur sebagai bahan urugan, karena batu kapur memiliki daya dukung yang cukup memadai sebagai dasaran rabat/cor beton.

Seperti yang dilakukan personel TNI Koramil 18/Winong pagi ini, Rabu (28/03/18). Dipimpin Pelda Sutar melaksanakan pengurugan sebagian ruas jalan yang rencana akan dirabat beton dalam program TMMD di Desa Godo, Kecamatan Winong. Mereka mengurug jalan dengan menggunakan batu kapur sebagai pondasi rabat beton. Batu kapur didapat di sekitar Dukuh Selowire sehingga material pengurugan mudah sekali didapat.

Menurut keterangan Bati Tuud Koramil 18/Winong, pada timbunan tanah untuk pembangunan sebuah pekerjaan jalan harus dipadatkan, dengan bertujuan untuk menambah volumenya. Pemadatan berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tanah. "Dengan demikian akan mendukung rabat beton di atasnya serta mengurangi penurunan tanah yang tentunya tidak kita inginkan," jelasnya. (Wono/Jasm)
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.