Senin, 20 Agustus 2018

Ibu-ibu PKK desa terpencil diajak membatik

Pati - Upaya membekali keterampilan khusus kepada warga Desa Godo, Kecamatan Winong, Pati, agar mereka lebih produktif menjadi bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kodim 0718/Pati menggelar pelatihan membatik.

Sebanyak 20 wanita desa terpencil itu ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung di aula balai desa. Mereka diajari teknik membatik. Tidak sebatas menyampaikan materi, Disdikbud juga menyediakan perangkat peralatan membatik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud Pati, Suwarno mengemukakan, kegiatan tersebut memberi keterampilan unggulan yang dapat ditekuni dalam jangka panjang. Dari ketekunan itu diharapkan menghasilkan batik yang dapat diterima pasar dan bersaing dengan produk serupa dari daerah lain.

Danramil 18/Winong Kapten Kav Sugeng mengharapkan, pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan serius oleh warga Godo. Selain mendapat ilmu berharga, mereka ke depan juga dapat mengembangkan keterampilannya untuk mendatangkan pendapatan.

Sementara, Kades Godo Suwondo mengapresiasi upaya TNI dan Disdikbud dalam membekali warganya keterampilan khusus. Menurutnya, hal tersebut memberi manfaat besar bagi kalangan wanita di desanya. Dia meminta, warga yang terpilih menjadi peserta dapat mengikuti pelatihan yang berjalan sepekan dengan serius. Selanjutnya dapat memproduksi batik dengan motif khas Godo.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.