Sabtu, 26 Mei 2018

Bagaimana cara cek tagihan listrik PLN online dan simulasinya

Saat ini hampir semua urusan bisa dilakukan secara online. Bahkan, cek tagihan listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun bisa Anda lakukan secara online tanpa menunggu petugas listrik datang untuk melihat meteran listrik di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek pemakaian listrik. Mulai dari SMS, telepon dan aplikasi. Jika dulu Anda bisa berlangganan email e-billing untuk jumlah tagihan listrik bulanan Anda, maka sekarang layanan itu sudah tidak ada lagi. Jadi, kalau sekarang Anda mencoba mengakses link untuk berlangganan e-billing, www.pln.co.id/info-rekening/, Anda akan diarahkan ke laman beranda dari situs pln.co.id.

Kali ini kami menyajikan masing-masing cara cek tagihan listrik online untuk memudahkan Anda dalam melacak tagihan listrik tiap bulannya.

Listrik prabayar dan pascabayar

Sebelum menuju ke pembahasan mengenai cara cek tagihan listrik, kami ajak Anda untuk mengenali perbedaan antara listrik prabayar dan pascabayar.

A. Listrik prabayar
Saat ini, banyak rumah tangga yang memutuskan untuk menggunakan fasilitas listrik prabayar. Sambungan listrik prabayar merupakan layanan dari PLN dimana pelanggan bisa mengatur pemakaian listriknya sesuai dengan budget.

Sistem pembayarannya sama dengan pembelian pulsa untuk pengguna SIM Card prabayar pada telepon genggam. Jadi Anda harus membeli pulsa listrik sebelum bisa menggunakannya. Jika pulsa listrik Anda habis, harus melakukan pengisian pulsa ulang.

Kelebihan listrik prabayar:

- Pelanggan bisa menentukan dengan pasti budget pemakaian listrik per bulannya
- Tidak ada denda telat bayar
- Cocok untuk Anda yang memiliki kontrakan atau rumah kos
- Tidak akan terjadi risiko kesalahan pencatatan meteran oleh petugas
- 20 digit pulsa listrik hanya bisa digunakan di meteran Anda, sehingga keamanan terjamin

Kekurangan listrik prabayar:
- Jika pemakaian terlalu besar, listrik bisa tiba-tiba mati sehingga Anda harus selalu sedia voucher pulsa listrik cadangan
- Meteran listrik prabayar lebih sensitif dan mudah rusak

B. Listrik pascabayar
Sistem layanan listrik pascabayar merupakan layanan listrik yang tagihannya per bulan, dan pembayaran dilakukan setelah pemakaian. Pembayaran listrik bisa dilakukan langsung lewat loket atau secara online menggunakan aplikasi milik PLN.

Kelebihan listrik pascabayar :
- Listrik selalu tersedia, tidak ada risiko tiba-tiba mati karena habis pulsa
- Anda tidak harus melakukan isi pulsa listrik sendiri

Kekurangan listrik pascabayar :
- Jika tidak hati-hati, pemakaian bisa overbudget
- Jika menunggak, Anda bisa dikenakan denda bahkan pemadaman listrik
- Petugas PLN harus datang untuk cek meteran listrik, namun saat ini Anda bisa menggunakan cara online untuk cek tagihan

Berikut akan kami bahas cara cek tagihan listrik untuk pengguna layanan listrik pascabayar PLN.

Cek Tagihan listrik PLN

1. Cara cek tagihan listrik PLN lewat telepon
Cara pertama adalah dengan menggunakan layanan telepon. Anda bisa menghubungi PLN untuk cek tagihan listrik yaitu di nomor 123.

Sedangkan jika Anda menelpon dari ponsel, maka formatnya adalah (kode area)123. Contohnya, jika Anda di Jakarta maka formatnya adalah 021-123.

Jika telah tersambung, Anda perlu ikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ke call centre PLN, dikenakan tarif telepon normal. Anda dapat lakukan pengecekan ini kapanpun karena call centre PLN siap sedia 24 jam.

2. Cara cek tagihan listrik PLN lewat website
Berikutnya Anda bisa mengecek tagihan listrik lewat website. Cara ini tidak menggunakan website milik PLN, namun hasil pengecekan tetaplah akurat.

Caranya:

- Masuk ke laman www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online dan Anda akan menemukan kolom untuk mengisi ID pelanggan.
- Masukan ID pelanggan PLN
cek listrik lewat cekbill
- Masukan 6 digit captcha dan klik “Cek Tagihan”
- Nominal tagihan listrik Anda akan muncul.

3. Cara cek tagihan listrik PLN lewat SMS
Pengecekan tagihan listrik secara online yang paling sederhana adalah dengan menggunakan SMS. Dengan cara ini Anda tidak butuh sambungan internet, bahkan Anda tidak perlu smart phone. Layanan ini tersedia bagi pengguna pengguna operator seluler Telkomsel, Indosat, T-Flexi, dan XL.

Adapun format SMS yang digunakan adalah:

REK(spasi)No ID Pelanggan
Kirim ke nomor 8123

Kemudian bagi Anda yang ingin berlangganan SMS otomatis bisa mengirimkan pesan singkat dengan format:

PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan
Kirim ke nomor 8123

Sedangkan jika Anda ingin berhenti, silakan mengirimkan SMS dengan format sebagai berikut:

PLN(spasi)OFF(spasi)No ID Pelanggan
Kirim ke nomor 8123

Hanya saja, untuk menggunakan layanan SMS ini tidaklah gratis. Biayanya adalah Rp 500 untuk setiap pesan, apapun operator seluler Anda.

4. Cara cek tagihan listrik PLN lewat aplikasi
Tentu saja pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi untuk pelayanannya. PLN memiliki aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa tagihan listrik bulanan yakni PLN Mobile. Aplikasi lainnya juga tersedia untuk pengecekan tagihan listrik seperti Info Cek Tagihan Listrik PLN, dan Tagihan. Namun aplikasi PLN Mobile merupakan aplikasi resmi dari PT PLN. Berikut cara cek tagihan listrik lewat PLN Mobile

- Download / unduh PLN Mobile
Pertama-tama, Anda bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile ini lewat Google Play untuk pengguna android atau App Store untuk pengguna IOS.
- Set up profil PLN Mobile
Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini Anda perlu mendaftar untuk set up profil. Kalau Anda adalah pengguna aplikasi lama maka bisa migrasikan data ke aplikasi PLN Mobile.
Untuk pengguna baru, Anda bisa klik “Daftar” lalu isi semua informasi yang diminta. Setelah memasukkan semua data atau informasi, klik “Simpan”.
- Log in ke profil Anda
Selanjutnya, Anda tinggal login setiap kali ingin menggunakan aplikasi ini. Jika Anda masuk dengan login, maka profil termasuk tagihan listrik akan otomatis tertera saat Anda membuka aplikasi, sebagaimana gambar di bawah ini.
- Cari tahu informasi tagihan dan token listrik
Bagi Anda yang masuk tanpa login, tidak memiliki profil, bisa klik “MASUK TANPA LOGIN” kemudian klik icon “Informasi” pada tab di atas. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman pilihan informasi apa yang ingin Anda ketahui. Untuk cek tagihan Anda klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
Selanjutnya Anda akan melihat pop up yang meminta informasi IDPEL (nomer pelanggan) atau Nomor Meter Anda, lalu klik “Cari”.
Maka jumlah tagihan listrik akan muncul pada layar ponsel Anda.

Selain bisa melihat tagihan listrik, aplikasi ini juga berguna untuk akses ke layanan PLN lainnya. Anda bisa melihat transaksi token, pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran terdekat, serta status pengaduan. Adanya aplikasi PLN juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan akurat dan cepat.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pengumuman