Minggu, 22 Juli 2018

Masuk wilayah tipikologi perairan, Kodim terima speed boat dari Kemenhan

Malinau - Untuk menunjang tugas sebagai satuan teritorial di Kabupaten Malinau, Komando Distrik Militer (Kodim) 0910/Malinau mendapatkan bantuan satu unit speed boat KMC V.24 dari Kementerian Pertahanam (Kemenhan). Nantinya, alat angkut air ini akan digunakan untuk melakukan pengawasan penyeludupan barang ilegal yang hendak masuk ke Malinau.

Saat dikonfirmasi, Komandan Kodim 09010/Malinau Letkol Kav Yudi Suryatin menjelaskan, speed boat KC V.24 ini akan digunakan untuk mendukung tugas pokok Kodim Malinau yang memiliki tipikologi wilayah perairan, yang mana salah satu akses keluar masuk Malinau merupakan jalur sungai. "Dengan adanya alat (speed boat, red) ini tentunya dapat mempermudah pengawasan dari penyeludupan barang ilegal yang hendak masuk ke Malinau," jelas Letkol Yudi.

Tidak hanya melakukan tugas pengawasan, ditambahkan Letkol Yudi, speed boat yang biasanya digunakan untuk fasilitas di medan perang, nantinya juga akan digunakan untuk keperluan sosial. "Jika dibutuhkan, speed boat ini juga akan kita gunakan untuk kebutuhan penanggulangan bencana. Jadi infentaris Kodim Malinau ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan Kodim sendiri," tegasnya.

Disinggung masalah perawatan, dikatakan Letkol Yudi, ke depannya, Kodim akan membuatkan gararasi air sebagai tempat penyimapan atau parkir speed boat pemberian Kemenhan. Tidak hanya itu, dalan proses pemeliharaan, akan ada personel yang ditunjuk secara khusus untuk menjaga dan mengoperasikan speed boat tersebut. "Hal tersebut dibutuhkan, karena speed boat yang baru kita terima merupakan sarana untuk mendukung tugas pokok Kodim yang bernilai strategis. Apalagi, speed boat ini merupakan barang mahal dan dilengkapi Global Positioning System (GPS) dan radar," pungkas Dandim.

Letkol Yudi juga mengungkapkan, terkait keberadaan speed boat KMC V.24 tersebut sudah dilakukan uji coba kelayakan dengan mengarungi sungai dari Pelabuhan speed Malinau menuju pelabuhan barang, desa Kelapis. Hasilnya, speed boat pemberian Kemenhan ini dalam kondisi bagus dan layak digunakan. "Dengan adanya pemberian speed boat ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Komando Atas, terhadap atensinya kepada Kodim 0910/Malinau melalui dukungan alat angkut air sebagai sarana pendukung tugas pokoknya," tutup Dandim. (11man)
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain