Sabtu, 26 Mei 2018

Tegal berduka, bupati sekaligus budayawan Ki Enthus Susmono tutup usia

Innalillahi wa Innaillaihi Rojiun, diduga terkena serangan jantung, Bupati aktif Kabupaten Tegal, Bp. H. Enthus Susmono atau yang akrab disapa dengan Ki Enthus Susmono meninggal dunia pada hari Senin (14/5) sekitar pukul 19.10 WIB, di RS Soesilo Slawi, Kabupaten Tegal.

Ki Enthus Susmono, lahir di Tegal, 21 Juni 1966, adalah seorang dalang berkebangsaan Indonesia. Sejak 8 Januari 2014, ia dilantik sebagai Bupati Tegal oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk periode 2014-2019.

Pada tahun 2005, dia terpilih menjadi dalang terbaik se-Indonesia dalam Festival Wayang Indonesia yang diselanggarakan di Taman Budaya Jawa Timur, dan menerima gelar Doktor Honoris Causa International dari Universitas Missouri.

Tahun 1990 hingga 1995 sempat pula mengisi acara di radio swasta di Kota Tegal, karena kenyentrikannya dalam membawakan wayang, hingga mendapatkan julukan dalang mbeling atau nyentrik.

Kini Pemimpin Sanggar Budaya Satria Laras dan dalang "nyentrik" yang selalu mengunggulkan bahasa daerahnya (basa Tegal) telah pergi menghadap sang khalik. Rencana akan dimakamkan di pemakaman Desa Dampyak, Kab. Tegal, berangkat dari rumah duka di Desa Bengle, Kec. Talang, pukul 10.00 WIB, Selasa (15/5).

Selamat Jalan pak Bupati Tegal, Selamat Jalan Dalang Mbeling, Selamat Jalan Guru Budaya.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Obituari