Minggu, 23 September 2018

Budidaya ikan tawar di sekitar rumah

Supriyanto warga Dusun Gedong, Desa Bononerta memanfaatkan tanah sekitar tempat tinggalnya untuk memelihara ikan air tawar.

Kolam dengan ukuran 4 m x 6 m digunakan untuk memelihara ikan air tawar jenis nila. Hasinya bukan untuk dijual melainkan untuk di konsomsi sendiri. Cara pemeliharaannya pun sangat mudah, untuk makanan ikan tersebut biasa diberi pelet, kalau persediaan pelet habis biasanya saya beri rumput dan daun talas. Sisa nasi yang sudah nggak dimakan juga sering diberikan.

Air yang mengalir mereka manfaatkan untuk memelihara ikan tersebut. Anggota TMMD Reguler ke 102 Kodim 0714/Salatiga mendapat inspirasi untuk membuat kolam juga di samping rumahnya. ”Pengalaman dan pelajaran yang berharga, air di kampung saya juga melimpah seusai TMMD saya juga akan membuat kolam ikan,” ungkap Serda Sunardi.

“Hasil dari kolam hanya untuk di konsumsi sendiri, kalau ingin lauk kita kan tinggal jaring saja, apalagi kalau pas hari Lebaran, kita nggak usah bingung-bingung mencari lauk,” ungkap Supriyanto.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.