Rabu, 15 Agustus 2018

Cegah Hepatitis melalui Skrining dan Vaksinasi

Hepatitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi di hati, dan umum nya disebabkan oleh infeksi virus. Berdasarkan data dari kementerian kesehatan RI bahwa penyakit menular ini, diderita hampir 2,9juta jiwa.

dr. Prahesti dari Prodia Semarang menjelaskan, Jika penyakit Hepatitis dibiarkan maka akan berpengaruh pada fungsi hati, sebagai alat metabolisme tubuh.


" Hepatitis dibiarkan tanpa pengobatan bisa menyebabkan kanker hati. Hati adalah pusat dari pencernaan lemak, menetralisir racun yang masuk, dan lain-lain, bisa kebayang, jika hati rusak dapat berpengaruh dengan kondisi tubuh," jelas dr Prahesti, Senin (06/08) di Studio Fit Radio Semarang.

Jenis Hepatitis yang biasa diderita adalah A, B, dan C. Untuk Hepatitis A penularan bisa melalui alat makan, jenis ini bisa ditandai dengan tampilan individu yang berwarna kuning.

" Hepatitis A bisa diderita dari anak -anak hingga dewasa, dan jenis mudah dikenali dengan tampilannya yang kuning. Sebab penularannya yang mudah maka penyakit ini bisa dengan mudah juga ditangani tidak sampai kronis," kata dr. Prahesti.

Sedangkan untuk tipe B dan C, merupakan jenis Hepatitis yang tidak mudah dikenal dan sering tidak disadari. Penularan melalui jarum suntik, cairan tubuh, dan berhubungan seksual tanpa kondom.

Hepatitis B dan C bisa diketahui dengan skrining dan penyembuhan melalui vaksinasi. itu, perlunya dilakukan pencegahan sejak dini melalui skrining dan vaksinasi.

Vaksinasi dan skrining Hepatitis bisa dilakukan di Labolatorium Klinik Prodia, dan untuk bulan Agustus Prodia memberikan Harganas untuk paket Prohealthy. Paket Prohealthy terdiri dari skrining dan vaksinasi Hepatitis baik B dan C, dari yang virus ataupun non virus.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Promosi