Minggu, 23 September 2018

Sosialisasi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Pati, bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di lapangan Tenis indor SMPN 01 Gabus Kabupaten Pati, Kamis (13/09).

Pendidikan Inklusi adalah pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

Acara ini dihadiri oleh, Anggoro Mustiko S.Pd. M.Si. sebagai Nara sumber dari Diknas Kabupaten Pati, Kepala Sekolah SMPN 01 Gabus, Suparmin S.Pd., M.Si. beserta para guru, undangan wali murid kelas IX jumlah 350 orang.

Dijelaskan oleh Anggoro Mustiko bahwa Pendidikan merupakan wahana pembentukan dan pelatihan peserta didik menjadi warga negara yang berkualitas dan beratanggung jawab bagi diri sendiri dan pembangunan bangsanya. Memasuki era globalisasi, lembaga pendidikan dihadapkan pada tantangan yang sangat berat. Tantangan tersebut berkenaan dengan upaya pembangunan sumber daya manusia dengan kemampuan dan ketrampilan yang memadai untuk menjalani kehidupan global yang serba dinamis.

"Didalam Program Pendidikan Inklusif, anak-anak yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu seperti anak-anak lainnya. Mereka mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan bersama-sama dengan peserta didik lainnya. Ini cara membangun karakter peserta didik, bahwa anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki hak dan kewajiban yang sama. Mereka berhak mendapatkan pengajaran, pendidikan, juga berhak berprestasi tinggi, berhak menimba Ilmu setinggi-tingginya, berhak juara, berhak menjadi orang sukses, tanpa harus menjalani perlakuan khusus," ujarnya.

"Pendidikan Inklusif diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi anak bersekolah/pemerataan kesempatan pendidikan dan dalam waktu yang bersamaan dapat meningkatkan mutu pendidikan.” pungkasnya.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pendidikan