Sabtu, 12 Oktober 2019 14:17

Perjuangkan `Plastic Less`, aktivis lingkungan hidup Indonesia hadir di Mill Valley Film Festival 2019

Film

Aktivis lingkungan hidup dari Indonesia, Tiza Mafira hadir pada perhelatan Mill Valley Film Festival 2019 dalam rangka pemutaran perdana film dokumenter “The Story of Plastic" di kota San Rafael, California, Amerika Serikat (AS), 6 Oktober 2019. Tiza Mafira yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik menjadi salah satu kontributor film dan pembicara pada diskusi panel untuk film tersebut.

Film dokumenter “The Story of Plastic" yang disutradarai oleh Deia Schlosberg dan diproduseri oleh Stiv Wilson ini memusatkan perhatian pada krisis plastik yang mengkhawatirkan, mulai dari proses pembuatannya sampai pembuangannya. Film ini menghantar penonton ke berbagai negara yaitu AS, Belgia, RRT, India, Filipina, dan Indonesia, serta mengajak penonton untuk berkenalan dengan aktivis-aktivis di negara-negara tersebut yang berjuang melawan polusi plastik.

Pada film ini, Tiza ditampilkan sebagai salah satu aktivis yang memerangi polusi plastik di Indonesia, bersama dengan Prigi Arisandi dari Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton), Surabaya.

Rekaman video dokumenter ini ditampilkan mencolok untuk menggambarkan bencana yang sedang berlangsung di berbagai negara lahan-lahan penuh dengan sampah yang menumpuk seperti gunung, sungai dan laut tersumbat oleh sampah plastik, serta udara yang tercemar oleh bahan beracun dari produksi plastik dan proses daur ulang.

Film ini juga mengangkat perspektif manajemen sampah dari kacamata negara maju dan negara berkembang. Pada film tersebut, Indonesia digambarkan sebagai negara yang seringkali disalahkan sebagai negara penyumbang sampah terbesar, namun dibalik itu sebenarnya negara maju memiliki kontribusi yang signifikan terhadap sampah tersebut. Kondisi tersebut menciptakan standar ganda, yang kemudian diangkat oleh film ini secara apik.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 485 Views

Update
No Update Available
Related News
Festival Film Changchun : Film biografi ‘Breaking Through’
Festival Film Internasional ke-12 Beijing ditutup
Festival Film Internasional Beijing ke-11 dibuka
×