Rabu, 16 September 2020 20:23

Pertama kalinya, KBRI Bern selenggarakan kelasa bahasa Indonesia virtual

Kebudayaan

Indonesia kaya akan tradisi dan budaya yang akan selalu membuat para warga asing terpesona. Perwakilan Indonesia di luar negeri mempunyai tugas untuk selalu mempromosikan budaya Indonesia melalui berbagai cara, salah satunya adalah penyelenggaraan Kelas Bahasa Indonesia. KBRI Bern secara resmi membuka kelas Bahasa Indonesia untuk warga lokal pada Senin (14/09).

“Kelas bahasa ini merupakan jembatan, terutama bagi investor atau wirausaha yang ingin melakukan bisnis di Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman D. Hadad. Kemampuan berbahasa Indonesia tentu saja dapat menaikkan kepercayaan diri para investor dan wirausaha di Swiss. “Dengan minat yang cukup tinggi, kami berharap dapat melanjutkan kelas bahasa ini di masa yang akan datang, mudah-mudahan bisa secara tatap muka," lanjutnya.

Kelasa Bahasa Indonesia merupakan kelas pertama yang diselenggarakan oleh KBRI Bern dan diikuti oleh belasan warga Swiss. Selama sepuluh minggu selanjutnya para siswa akan mempelajari Bahasa Indonesia tingkat dasar.

Pandemi menyebabkan kelas Bahasa Indonesia ditempuh melalui jalur daring. Walaupun dilaksanakan melalui aplikasi Zoom, antusiasme para siswa tetap tinggi, terbukti dari kuota kelas yang sudah penuh hanya dalam waktu 10 menit sejak pendaftaran dibuka. Peserta yang ikut pun beragam, mulai dari investor, wisatawan, pegawai pemerintah, hingga warga lokal yang memiliki keluarga di Indonesia.

Hubungan bilateral Indonesia dan Swiss yang semakin intens, terutama dengan mekanisme pertukaran sumber daya manusia dalam kerangka Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA), merupakan faktor pendorong utama terlaksananya kelas ini. Etienne Rouge, salah satu pengusaha Swiss yang mengikuti kelas Bahasa Indonesia tersebut, mengungkapkan bahwa menguasai Bahasa Indonesia dapat memberikan nilai tambah, terutama untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

(Sumber: KBRI Bern)

favorite 2 likes

question_answer 0 Updates

visibility 529 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping instruksikan agar Hunan laksanakan “dua integrasi”
Kegiatan Pertukaran Pemuda Tiongkok - AS digelar di Beijing
Film Trailer Gala Imlek CMG ditayangkan di Festival Tinju Thai Internasional Tahun 2024
×