Jumat, 26 Maret 2021 23:07

Firmenich Indonesia menjadi perusahaan terdepan dalam kesetaraan di tempat kerja dengan meraih Sertifikasi Global EDGE Move

Press Release

JAKARTA, Indonesia, 25 Maret, 2021 /PRNewswire/ -- Firmenich Indonesia, afiliasi dari perusahaan swasta di bidang Flavors dan Fragrance terbesar di dunia, hari ini berhasil meningkatkan Sertifikasi EDGE yang dimiliknya untuk kesetaraan gender di tempat kerja ke tingkat selanjutnya, yaitu tingkat "Move". Saat ini, sertifikasi ini hanya dimiliki oleh dua perusahaan di Indonesia. Sebagai pengakuan atas budaya perusahaan yang kian inklusif, standar sertifikasi bisnis terkemuka bagi kesetaraan gender memberikan status Move kepada Firmenich Indonesia. Ini merupakan penghargaan atas kemajuan dan komitmen dalam memperluas keragaman pada semua tingkat dan rasa memiliki yang kuat diantara karyawannya yang beragam. Firmenich terus memimpin dalam kesetaraan di tempat kerja, menjadi yang pertama dalam industrinya secara global, dan perusahaan ketujuh di dunia yang meraih sertifikasi global tahun 2018 di tingkat Assess.

"Saya merasa sangat bangga Firmenich merupakan salah satu dari dua perusahaan dan organisasi di Indonesia yang saat ini memiliki sertifikasi EDGE MOVE, meningkatkan standar kesetaraan gender berdasarkan tolok ukur EDGE yang tinggi untuk perbaikan yang berkelanjutan," ungkap Timothy Elisafan, General Manager Firmenich Indonesia. "EDGE mengakui pencapaian kami yang nyata ini dalam menanamkan kesetaraan di Indonesia dan di seluruh operasi global kami, sebagai perusahaan pilihan serta mitra tepercaya dan andal bagi para pelanggan kami".

"Lompatan ke depan yang luar biasa dan dicapai oleh Firmenich Indonesia dalam waktu dua tahun dari tingkat pertama menjadi tingkat kedua Sertifikasi EDGE, EDGE Move, menunjukkan bahwa tindakan yang intensional, diprioritaskan, dan terukur pasti akan mempercepat kemajuan menuju keseimbangan gender, keragaman, dan inklusif," ungkap Aniela Unguresan, Mitra Pendiri EDGE Certified Foundation. "Secara khusus, sertifikasi global EDGE Move milik Firmenich menggambarkan kemajuan perusahaan dalam hal representasi gender dan manajemen kesetaraan upah yang proaktif di negara-negara operasi utamanya".

"Firmenich terus menetapkan standar yang unggul sebagai tempat yang terbaik untuk bekerja di industri kami. Semenjak sertifikasi EDGE global pertama di tahun 2018, kami telah mencapai tonggak yang penting, mulai dari tidak adanya kesenjangan upah berdasarkan gender hingga penerapan keberagaman talent secara sistematis," ungkap Siska Tania, Direktur SDM Firmenich Indonesia. "Meskipun saya merasa sangat bangga dengan pencapaian ini, tetapi kami terus berfokus pada sasaran baru yang tidak hanya terbatas pada masalah gender. Aspek lain pun terkait dengan kekuatan dari beragam kelompok, memastikan representasi yang seimbang dan melibatkan karyawan dengan keragaman kemampuan, latar belakang, etnis dan sosioekonomi, serta semua aspek keragaman lainnya".

Untuk mengembangkan pencapaian, strategi Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) Grup yang baru menetapkan sasaran yang ambisius di tahun 2030, termasuk komitmen pada hak asasi manusia, kesetaraan upah, penciptaan 5.000 peluang kerja di seluruh dunia bagi kaum muda, dan terus meningkatkan representasi pekerja bagi difabel dalam angkatan kerja globalnya menjadi 10%.

Firmenich Indonesia berhasil melalui penilaian yang ketat sebagai perusahaan yang secara jelas berdedikasi pada kesetaraan gender, dengan kebijakan yang diterapkan pada kesetaraan gaji, budaya perusahaan yang inklusif, dan pengakuan yang tinggi dari karyawannya terkait peluang kesetaraan dalam perekrutan karyawan. Secara khusus, afiliasi di Indonesia memiliki rasio retensi cuti melahirkan yang luar biasa dengan 100% perempuan tetap bekerja di perusahaan dalam waktu 12 bulan setelah mereka kembali dari cuti melahirkan. Dengan berkomitmen untuk membantu para karyawan untuk menyeimbangkan prioritas profesional dan pribadi mereka, hasil terbaik di kelasnya ini merupakan bukti keberhasilan program cuti bagi orang tua, ditambah dengan pengaturan kerja yang fleksibel.

Sertifikasi EDGE di tingkat global memuat evaluasi global atas proses dan data Firmenich, serta survei komprehensif terhadap karyawannya di seluruh dunia. Firmenich, secara global dan di Indonesia, hadir dari penilaian sebagai perusahaan yang memenuhi dan melampaui kriteria sertifikasi utama diseputar perekrutan, pengupahan, retensi, pengembangan, dan keterlibatan karyawannya.

Tentang Firmenich
Firmenich, perusahaan swasta di bidang Flavor dan Fragrance terbesar di dunia, didirikan di Jenewa, Swiss, pada tahun 1895, dan telah menjadi milik keluarga selama 125 tahun. Firmenich adalah perusahaan bisnis-ke-bisnis (B2B) terdepan yang mengkhususkan diri dalam riset, pembuatan, produksi, dan penjualan parfum, aroma, serta bahan-bahan. Terkenal karena kreativitas dan riset kelas dunianya, serta kepemimpinannya dalam keberlanjutan (sustainability), Firmenich menawarkan inovasi yang unggul kepada para pelanggannya dalam formulasi, palet bahan yang luas dan bermutu tinggi, serta teknologi paten, termasuk bioteknologi, enkapsulasi, wewangian, dan modulasi rasa. Firmenich memiliki omzet tahunan sebesar 3,9 miliar Franc Swiss di akhir Juni 2020. Informasi selengkapnya tentang Firmenich tersedia di www.firmenich.com

Firmenich Indonesia berkomitmen pada kesetaraan gender di tempat kerja dan merupakan bagian dari grup yang tersertifikasi EDGE MOVE di tingkat global.


Tentang Sertifikasi EDGE
EDGE merupakan metodologi penilaian global terkemuka dan standar sertifikasi bisnis untuk kesetaraan gender. Sertifikasi ini mengukur reputasi organisasi dalam hal keseimbangan gender di seluruh lini usaha mereka, kesetaraan upah, serta efektivitas kebijakan dan praktik guna memastikan alur karier yang adil serta budaya mereka yang inklusif. Diluncurkan pada Forum Ekonomi Dunia tahun 2011, EDGE dirancang untuk membantu perusahaan, tidak hanya menciptakan tempat kerja yang optimal bagi perempuan dan laki-laki, tetapi juga mendapatkan manfaat darinya. EDGE adalah singkatan dari Economic Dividends for Gender Equality (Dividen Ekonomi untuk Kesetaraan Gender) dan dikenal akan ketelitian dan fokusnya pada dampak bisnis. Metodologi penilaian EDGE dikembangkan oleh EDGE Certified Foundation, yang terus bertindak sebagai pengawal dari standar sertifikasi dan metodologi EDGE. Cabang komersialnya, Strategi EDGE, bekerja dengan banyak perusahaan guna mempersiapkan mereka untuk Sertifikasi EDGE. Basis pelanggan Sertifikasi EDGE terdiri dari 200 organisasi besar di 44 negara di lima benua, yang mewakili 29 industri berbeda dan mempekerjakan lebih dari 2,4 juta karyawan secara global. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi edge-cert.org

favorite 4 likes

question_answer 0 Updates

visibility 391 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×