Kamis, 22 Juli 2021 10:20

Arti signifikan dari penambahan kata “Together” dalam moto olimpiade

Olahraga

Pesta olahraga terpadu seluruh dunia yakni Olimpiade Musim Panas ke-32 akan dibuka di Tokyo pada 23 Juli besok waktu setempat. Salah satu even yang paling menarik perhatian masyarakat ialah, dalam sidang pleno ke-138 Komite Olimpiade Internasional (IOC) diambil keputusan untuk menambah kata “Together” di belakang moto Olimpiade “Faster, Higher, Stronger” (lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat).

“Faster, Higher, Stronger” diajukan atas usulan Pierre de Coubertin pada 1894 ketika IOC didirikan. Penambahan kata “Together” tak pelak akan memperpadat isi semangat Olimpiade karena telah mencerminkan aspirasi bersama seluruh masyarakat internasional, dan mempunyai arti signifikan bagi upaya dunia dalam memenangi semua tantangan yang dihadapi.

Adapun situasi sekarang, pandemi COVID-19 masih terus merajarela di seluruh jagad, pemulihan ekonomi dunia masih dalam kondisi sangat rentan, sejumlah politikus Barat terus menimbulkan bentrok geopolitik dan konfrontasi ideologi sehingga telah meningkatkan perpecahan global. Kesemua itu sudah menimbulkan terpaan langsung terhadap nilai pokok “mendorong keharmonisan manusia dan membangun dunia yang indah” yang digaungkan oleh gerakan Olimpiade modern.

Berdiri di persimpangan yang baru, manusia kini membutuhkan semangat Olimpiade yang brilian, bersahabat, menghormati dan bersatu lebih dari kapan pun. Rakyat dari seluruh dunia seharusnya lebih bersatu padu melalui kegiatan olahraga. Pada kenyataannya, Olimpiade kali ini baru akan merealisasi arti sesungguhnya, yaitu “seluruh dunia berkumpul dan bersatu”, hanya setelah para atlet dari negara yang berbeda, dengan latar belakang budaya yang berbeda, berkumpul di Tokyo. Yang lebih penting ialah, penambahan kata “Together” dalam moto Olimpiade akan semakin memberdayakan manusia untuk mengatasi segala tantangan berat dengan keberanian dan kekuatan.

Pembaruan isi moto Olimpiade seolah memperingatkan kita semua bahwa persaingan antar manusia bukanlah hal mati atau hidup, melainkan perihal terkait pembentukan komunitas senasib sepenanggungan. Hal ini memberi tahu kita bahwa persatuan selalu menjadi senjata paling tangguh dalam menjaga keamanan kesehatan publik maupun penanganan perubahan iklim.

Yang patut disebut ialah, Tiongkok akan mengirim kontingen terbesar sepanjang sejarah, dan melaksanakan kebijakan pencegahan pandemi secara ketat di Tokyo. Hal ini patut dipandang sebagai kontribusi baru Tiongkok yang mempraktikkan moto Olimpiade dengan tindakan riil.

Hanya ketika semua negara menyadari bahwa “kita adalah komunitas yang tak terpisahkan”, barulah dunia dapat menyongsong kemakmuran yang kekal dan universal. Dan itulah nilai paling utama dari edisi terbaru moto Olimpiade yang berbunyi“Faster, Higher, Stronger- Together”.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 178 Views

Update
No Update Available
Related News
Arti signifikan dari penambahan kata “Together” dalam moto olimpiade
Desain obor untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 secara resmi dirilis
Olimpiade Musim Dingin 2022 Beijing canangkan hitungan mundur satu tahun
×