Sabtu, 24 Juli 2021 10:46

Huawei mengubah solusi penyimpanan energi berskala besar demi mewujudkan masa depan yang digerakkan energi terbarukan

Press Release

SHENZHEN, Tiongkok, 23 Juli 2021 /PRNewswire/ -- Ajang "Huawei FusionSolar Smart PV & Large Scale Energy Storage Global Virtual Summit 2021", digelar Huawei dan dibawakan pv magazine, telah berlangsung pada 22 Juli. Ajang ini mempertemukan sejumlah pemuka opini di industri PV untuk mengulas perkembangan terkini dan peluang pasar di segmen penyimpanan energi berskala besar. Di sisi lain, ajang ini juga membahas sistem penyimpanan energi jenis smart string buatan Huawei sebagai sumber energi utama pada masa depan.

Huawei Digital Power telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam litbang penyimpanan energi. Bahkan, Huawei Digital Power telah menjual baterai litium berkapasitas 5 GWh+ untuk beragam skenario penggunaan, termasuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berskala besar, penggunaan di sektor hunian, pembangkit listrik di lokasi proyek, dan energi untuk pusat data.

Dalam sambutannya, Dr. Fang Liangzhou, CMO, Huawei Digital Power Technologies Co., Ltd., mengulas visi Huawei Digital Power dan fitur-fitur utama dari sistem penyimpanan energi jenis smart string. Menurutnya, "Huawei Digital Power bervisi mewujudkan Digitalisasi Listrik yang Terkemuka demi Mewujudkan Masyarakat Rendah Karbon (Leading Power Digitalization for a Zero-carbon Smart Society). Kami meyakini bahwa kunci membangun sistem energi masa depan yang berbasiskan energi terbarukan terletak pada integrasi sejumlah teknologi digital dan elektronika daya."

Menurut Dr. Fang, demi mengatasi berbagai tantangan yang menghambat sistem penyimpanan energi konvensional, Huawei telah mengintegrasikan sejumlah teknologi digital dan elektronika daya pada sistem PV dan penyimpanan energi sehingga menghasilkan desain modular smart string. Desain ini menyempurnakan manajemen sistem penyimpanan energi lewat optimasi pada jenjang rangkaian dan rak baterai. Optimasi pada jenjang rangkaian baterai meningkatkan kapasitas pengisian dan pengosongan daya sebesar 6%. Sementara, optimasi pada jenjang rak baterai menghasilkan peningkatan kapasitas sebesar 7%. Di sisi lain, arsitektur disipasi panas secara terdistribusi dan inovatif dapat memperpanjang usia pakai baterai. Sejumlah teknologi cerdas seperti kecerdasan buatan (AI) dan cloud BMS turut digunakan guna mengubah aspek keamanan sistem, dari bersifat reaktif hingga proaktif.

"Solusi penyimpanan energi jenis smart string dari Huawei meningkatkan kapasitas pengosongan daya, menghemat biaya O&M, menjamin aspek keamanan dan keandalan produk, serta menurunkan LCOS sebesar 20%," ujar Chen Guoguang, President, Huawei Smart PV, di ajang virtual tersebut. "Bagi klien-klien di segmen tenaga surya, kami ingin membangun ekosistem lengkap yang mencakup solusi energi terpadu. Tak hanya untuk pembangkit listrik, kami juga menawarkan solusi-solusi penyimpanan dan konsumsi energi untuk menurunkan LCOE dan mengubah grid parity PV menjadi grid parity PV+ penyimpanan energi."

Di tengah turunnya biaya penyimpanan energi dan inovasi teknis yang berkelanjutan, segmen penyimpanan energi berskala besar tengah berkembang pesat di seluruh dunia. Bahkan, pertumbuhan masih akan berlangsung. Sam Wilkinson, Director, Clean Technology and Renewables, IHS Markit, membagikan prediksinya tentang segmen penyimpanan energi kepada audiens global. "Tahun 2021 menjadi awal dari babak pertumbuhan yang sangat pesat di industri. Menurut prediksi kami, pada tahun ini, kapasitas industri akan meningkat hingga dua kali lipat, bahkan kapasitas terpasang akan menembus 10 GW untuk pertama kalinya dalam sejarah industri. Pertumbuhan pesat ini tak hanya berlangsung di pasar-pasar yang telah maju, namun juga sejumlah pasar berkembang yang berskala lebih kecil," jelas Wilkinson.

Jorge de Miguel, Head, Technical Advisory, Vector Renewables, melansir lima aplikasi battery energy storage system (BESS) berskala besar di ajang ini. Menurutnya, berbagai layanan BESS dapat dipakai guna memaksimalkan pendapatan total pembangkit listrik PV. Pembicara lain yang turut mengulas solusi PV + Penyimpanan Energi adalah Felipe Hernandez, Managing Director, FRV X & Engineering. Dia menjelaskan bahwa berbagai peluang bisnis masih terbuka luas bagi solusi-solusi BESS independen dan hybrid PV + penyimpanan energi di seluruh dunia. Dia juga memaparkan beragam jenjang nilai tambah dari kedua pendekatan tersebut.

Selain itu, Hariram Subramanian, CTO, Huawei Smart PV – Eropa, menjelaskan Solusi Huawei Smart String PV-Storage untuk Skenario Penggunaan dengan Skala Besar. Menurutnya, pelaku industri perlu menciptakan jaringan listrik yang stabil dengan konsep grid forming, serta menerapkan desain modular agar pembangkit listrik menjadi lebih tangguh dan serbaguna.

Seiring jangkauan luas energi terbarukan di jaringan listrik, BESS siap berperan lebih besar dalam mempercepat transisi menuju masa depan rendah karbon. "Kami sangat optimis bahwa integrasi sejumlah teknologi digital akan mewujudkan potensi penyimpanan energi dan menggerakkan industri menuju pencapaian target-target netralitas karbon. Secara kolektif, kita dapat membangun masyarakat cerdas yang rendah karbon dan mewujudkan netralitas karbon dalam waktu dekat," tutup Dr. Fang.

Bagi Anda yang belum menyaksikan ajang virtual ini, Anda dapat melakukan registrasi untuk menonton dokumentasi selengkapnya.

Tentang Huawei

Berdiri pada 1987, Huawei adalah vendor terkemuka di dunia untuk berbagai infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta perangkat canggih (smart devices). Huawei memiliki lebih dari 197.000 tenaga kerja, dan beroperasi di lebih dari 170 negara serta wilayah. Huawei melayani lebih dari tiga miliar orang di seluruh dunia.

Visi dan misi Huawei adalah menghadirkan dunia digital bagi setiap orang, rumah, serta organisasi demi mewujudkan dunia yang sangat terkoneksi dan canggih. Untuk itu, Huawei akan mengembangkan konektivitas yang tersedia di mana pun, dan mempromosikan akses setara terhadap jaringan; menghadirkan layanan cloud dan kecerdasan buatan (AI) di seluruh penjuru dunia sehingga Anda memperoleh daya komputasi terbaik di lokasi mana pun dan kapan pun. Huawei juga ingin membangun sejumlah platform digital yang membantu seluruh industri dan perusahaan bekerja lebih gesit, efisien, serta dinamis; mengubah pengalaman pengguna dengan AI, serta menjadikannya lebih personal di seluruh aspek kehidupan manusia ketika mereka berada di rumah, kantor, atau bepergian.

favorite 3 likes

question_answer 0 Updates

visibility 395 Views

Update
No Update Available
Related News
Danlantamal VI pimpin sidang Pantukhirda Caba dan Cata Gelombang II TNI AL TA.2021 Panda Lantamal VI
Danlantamal VI serahkan tali kasih Kasal kepada pengurus tempat ibadah
Lantamal VI - Gerakan Bersih Jumat Bersama (BJB) laksanakan bersih pantai di pesisir Kota Makassar
×