Kamis, 09 September 2021 13:27

Tiongkok akan bangun zona kerja sama Hengqin-Guangdong-Makau

Ekonomi

Dewan Negara Tiongkok baru-baru ini mengeluarkan “Rancangan komprehensif pembangunan zona kerja sama lebih lanjut Guangdong-Makau di Hengqin”, rencana ini adalah tindakan untuk memperdalam pelaksanaan “Garis besar Rancangan Pembangunan Kawasan Teluk Besar Guangdong, Hong Kong dan Makau”, juga adalah tindakan penting untuk mempraktikkan Satu Negara Dua Sistem, ini akan memberikan daya penggerak bagi perkembangan Makau dalam jangka panjang.

Hengqin terletak di ujung selatan Kota Zhuhai, Provinsi Guangdong, Tiongkok selatan, bersebelahan dengan Makau dan mempunyai keunggulan geografis dalam kerja sama antara Guangdong dan Makau, adalah platform penting untuk mendorong perkembangan diversifikasi ekonomi Makau.

Menurut rancangan ini, Zona Kerja Sama Hengqin, Guangdong dan Makau akan mengutamakan pengembangan litbang iptek dan industri produksi canggih, obat-obatan tradisional Tiongkok, serta mendukung pengolahan berlian untuk mendirikan pusat berlian kasar dan pusat transaksi berlian.

Sementara itu juga berupaya mengembangkan usaha kebudayaan, pariwisata, pameran dan perdagangan, menginovasi dan mengembangkan industri moneter modern seperti pasar obligasi, dan penyewaan.

Menurut rencana, mengenakan pajak pendapatan sebanyak 15 persen kepada perusahaan di zona yang memenuhi syarat, akan menguntungkan perkembangan diversifikasi ekonomi Makau ke dalam skala kebijakan.

Pemerintah Daerah Administrasi Khusus Makau hari Minggu lalu (5/9) menyatakan, “Rancangan komprehensif pembangunan zona kerja sama lebih lanjut Guangdong-Makau di Hengqin” yang dikeluarkan pemerintah pusat adalah tindakan penting yang diambil pemerintah pusat untuk Makau demi mendukung perkembangan diversifikasi ekonomi Makau, mempraktikkan Satu Negara Dua Sistem, memberikan daya penggerak bagi perkembangan Makau dalam jangka panjang, menguntungkan kesejahteraan rakyat Makau, menguntungkan kemakmuran dan stabilitas Makau dalam jangka panjang, dan mendorong Makau berpartisipasi dalam situasi keseluruhan perkembangan negara.

Pemerintah Makau menyatakan sambutan dan terima kasihnya terhadap rancangan ini, akan aktif memegang peluang baik yang disediakan oleh rancangan tersebut kepada Makau, untuk memberikan daya penggerak bagi perkembangan Makau dalam jangka panjang.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 229 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping tegaskan untuk dorong pembangunan Tiongkok bagian tengah
Instruksi Presiden Xi terkait penanaman di musim semi
Unsur apa saja yang mendukung ekonomi Tiongkok terus membaik?
×