Selasa, 14 September 2021 16:05

Aksi baru Tiongkok dalam usaha HAM nasional

Luar Negeri

Baru-baru ini, Kantor Penerangan Dewan Negara Tiongkok merilis Program Aksi HAM Nasional 2021-2025, inilah program aksi HAM Nasional tahap ke-empat yang disusun pemerintah Tiongkok, dalam program ini ditetapkan target dan tugas tahapan 2021-2025 yang menghormati, melindungi dan memberdayakan hak asasi manusia (HAM).

Sejak tahun 2009, Tiongkok berturut-turut menyusun dan melaksana 3 tahap Program Aksi HAM Nasional, di mana taraf kehidupan rakyat semakin meningkat dan berbagai haknya terjamin dengan sungguh-sungguh. Kebijakan dan hukum yang melindungi kelompok khusus semakin diperbaiki, jaminan hukum di bidang HAM diperkuat lebih lanjut. Sementara itu, Tiongkok secara menyeluruh berpartisipasi dalam pembenahan HAM global, dan memberikan kontribusi penting demi usaha HAM dunia. Kini, Program Aksi HAM Nasional Tiongkok sudah bersinergi dan bersatu dengan Rencana Pembangunan Nasional, Tiongkok sudah menjadi salah satu negara yang secara periodik menyusun Program Aksi HAM Nasional. Praktek dalam beberapa tahun yang lalu membuktikan, menyusun dan melaksanakan Program Aksi HAM Nasional, berperan penting untuk menjamin hak sah rakyat dan mendorong pembangunan usaha HAM Tiongkok.

Tahun 2021- 2025 adalah lima tahun pertama setelah Tiongkok mewujudkan target 100 tahun pertama yaitu pembangunan masyarakat sejahtera, dan memulai perjalanan baru pembangunan negara modern sosialis dan menuju target 100 tahun kedua, juga adalah titik permulaan baru pembangunan usaha HAM Tiongkok. Kini Tiongkok sudah memasuki tahap perkembangan berkualitas tinggi, yang menyediakan syarat yang menguntungkan bagi perkembangan usaha HAM Tiongkok.

Sementara itu, kontradiksi utama sosial sudah berubah menjadi kontradiksi antara permintaan rakyat terhadap kehidupan sejahtera dengan perkembangan yang tidak seimbang dan tidak memadai. Tuntutan rakyat terhadap penjaminan HAM semakin meningkat.

Di bawah latar belakang ini, Program Aksi HAM Nasional keempat dipublikasikan tepat pada waktunya, karena telah menjembatani secara tidak terputus kemajuan HAM yang tercapai dalam masa pelaksanaan Program Aksi HAM tahap ketiga dengan perkembangan usaha HAM pada masa mendatang. Perilisan Program Aksi HAM Nasional 2021-2025 bermanfaat bagi Tiongkok menyimpulkan pengalaman, dan memperbaiki metodenya, serta mendorong usaha HAM Tiongkok berkembang ke jenjang lebih tinggi.

Presiden Tiongkok Xi Jinping menunjukkan: “Dalam hal pemberian penjaminan HAM tiada batasnya.” Tiongkok senantiasa berpegang pada gagasan HAM yang berorientasi pada rakyat, berupaya meningkatkan berbagai hak yang dimiliki segenap warga. Dalam perjalanan pembangunan, tiada seorang pun yang tertinggal, Tiongkok menggunakan ide berorientasi pada rakyat menguraikan gagasan HAM. Tiongkok juga meningkatkan perlindungan bagi kelompok khusus, agar setiap warga dapat dihormati dan dipentingkan.

Selain itu, Tiongkok aktif mengikuti pembenahan HAM global, berpartisipasi dalam mekanisme HAM PBB, mendorong pembangunan sistem pembenahan HAM global yang lebih adil, setara, rasional dan inklusif, berupaya membangun komunitas senasib sepenanggungan umat manusia, pasti akan mendorong perkembangan usaha HAM dunia.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 51 Views

Update
No Update Available
Related News
Pembangun bandara cerdas—Sun Tao
Xu Ben, perencana bisnis Pelabuhan Yangshan
Festival Animasi Internasional Tiongkok ke-17 akan dibuka
×