Minggu, 19 September 2021 00:27

Menyedihkan! AS barangkali akan khianati Inggris dan Australia

Luar Negeri

Prancis berencana untuk merayakan genap 240 tahun Pertempuran Teluk Chesapeake bersama dengan AS. Pertempuran Teluk Chesapeake pada 240 tahun yang lalu sangat penting dalam Perang Kemerdekaan AS, berkat tentara Prancis berhasil memutuskan jalur suplai laut Tentara Inggris, Inggris baru terpaksa menyerah kepada Pasukan Koalisi AS-Prancis dan membawakan kemerdekaan kepada AS.

Akan tetapi, pada tanggal 16 bulan ini, AS, Inggris dan Australia tiba-tiba mengumumkan pembentukan Aliansi Keamanan Indo-Pasifik dan menandatangani Persetujuan Pembagian Teknologi dan Pembuatan Kapal Selam Nuklir dengan bertujuan untuk melawan Tiongkok. Hal itu langsung menggagalkan kontrak kapal selam yang berharga mahal di antara Prancis dan Australia. Prancis yang sangat marah itu membatalkan kegiatan perayaan tersebut.

Kemarahan Prancis hanyalah sebagian saja dari sejarah AS yang selalu mengkhianati sekutunya. Melakukan penyadapan besar-besaran terhadap politikus Eropa selama bertahun-tahun, mencegat pasokan bahan penanggulangan pandemi Eropa, mengabaikan kepentingan sekutunya ketika menarik kembali tentaranya dari Afghanistan, AS sudah banyak kali mencelakakan sekutunya. Oleh karana pikiran “America First”, AS menjadikan sekutunya sebagai alat untuk mengupayakan kepentingan politik dirinya sendiri, sehingga sistem persekutuannya menjadi semakin longgar.

Inggris dan Australia hendaknya mempertimbangkan bahwa apakah terus mengorbankan kepentingan diri sendiri untuk mengupayakan kepentingan AS yang selalu mengkhianati sekutunya. Sebagai negara pemilik senjata nuklir, AS bersama dengan Inggris secara terbuka membantu Australia yang kini tidak memiliki senjata nuklir untuk mengembangkan teknologi nuklir untuk tujuan militer. Itu mutlak adalah tindakan proliferasi nuklir, dan pasti akan membawakan dampak negatif kepada isu nuklir semenanjung Korea dan isu nuklir Iran, sehingga merugikan keamanan dan perdamaian di dunia.

Siapa membutuhkan musuh lagi jika sudah punya sahabat seperti AS? Demikian diperingatkan oleh Presiden Dewan Eropa Donald Tusk. Jika Inggris dan Australia lupa hal itu pasti akan mendapat hasil yang menyedihkan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 179 Views

Update
No Update Available
Related News
WawancaraeEksklusif Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio oleh CMG
Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok
Xi Jinping tulis mukadimah untuk buku pelajaran kursus pelatihan kader seluruh Tiongkok kelompok ke-6
×