Minggu, 20 Pebruari 2022 19:25

Ketua IOC terima wawancara khusus CMG

Olahraga

Menjelang berakhirnya Olimpiade Musim Dingin Beijing, Ketua Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach sekali lagi menerima wawancara khusus China Media Group(CMG) pada sore Minggu hari ini (20/2).

CMG: Dalam sidang pleno IOC ke-39, anda menganugerahkan Piala Olimpiade kepada rakyat Tiongkok untuk berterima kasih kepada rakyat Tiongkok yang memberikan kontribusi luar biasa untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing. Olimpiade Musim Dingin Beijing menarik perhatian yang belum pernah ada dalam sejarah dari Tiongkok bahkan seluruh dunia, membuat dunia “lebih bersolidaritas”. Komunitas internasional lebih memahami gagasan komunitas senasib sepenanggungan. Menurut Anda, apa saja makna historis Olimpiade Musim Dingin Beijing bagi olahraga Olimpiade dan dunia masa ini?

Bach: Inilah warisan ditinggalkan olimpiade musim dingin kepada kita, Olahraga musim dingin akan mengalami perubahan besar melalui Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, karena sebanyak 300 juta orang Tiongkok ikut serta dalam olahraga es dan salju. Olahraga musim dingin mempunyai potensi besar, berbagai asosiasi internasional olahraga musim dingin juga senang melihat hasil ini, dan telah mencapai kesepakatan dengan berbagai pihak Tiongkok. Hal ini membuat olahraga musim dingin tidak hanya terbatas dalam olimpiade musim dingin, tapi juga mengalami perkembangan berkelanjutan.

Dalam perhelatan olimpiade musim dingin kali ini, para atlet menunjukkan semangat mereka, kita telah melihat persahabatan, pemahaman dan perdamaian. Misalnya atlet Ukraina dan atlet Rusia berpelukan. Kita juga melihat banyak atlet melambaikan tangan kepada relawan Tiongkok, kesemua ini mencerminkan olimpiade dapat melintasi perselisihan politik.

CMG: Sebelum Olimpiade Musim Dingin Beijing dimulai, Tiongkok telah mewujudkan target 300 juta orang ikut serta dalam olahraga es dan salju yang diajukan Presiden Xi Jinping, Anda mengatakan di depan jumpa pers Jumat lalu(18/2) bahwa, Tiongkok akan melangkah maju ke target sebanyak 500 juta orang ikut serta dalam olahraga es dan salju. Menurut Anda, bagaimana perubahan rakyat Tiongkok terhadap olahraga es dan salju?

Bach: Kami yakin bahwa olahraga musim dingin pasti akan mengubah pola kehidupan rakyat, banyak berolahraga berarti lebih cara hidup dan tubuh yang sehat, tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga sehat secara mental. Selama pandemi merebak, kesehatan mental dan fisik adalah hal yang sama penting untuk membantu kita mengantisipasi pandemi.

Bagi industri olahraga, olimpiade musim dingin adalah salah satu unsur pendorong yang penting. Menurut prediksi kami, nilai pasar olahraga musim dingin di Tiongkok akan mencapai sebesar 150 milyar dolar AS pada tahun 2025. Pasar Tiongkok sangat besar, ini juga akan mendorong olahraga musim dingin seluruh dunia.

CMG: Atlet Tiongkok mencapai terobosan di Olimpiade Musim Dingin kali ini, bagaimana penilaian Anda terhadap penampilan delegasi Tiongkok?

Bach: Senang sekali bisa melihat tim Tiongkok merebut medali emas dalam pertandingan, terutama kompetisi Gu Ailing meraih medali emas di nomor big air, serta pertandingan seluncur indah pasangan Tiongkok pada Sabtu lalu. Mereka akan menjadi teladan bagi olahraga musim dingin maupun olahraga Tiongkok.

CMG: Menjelang ditutupnya Olimpiade Musim Dingin Beijing, bagaimana Anda menilai penyiaran CMG terhadap pertandingan Olimpiade Musim Dingin kali ini?

Bach: Penyiaran dan pelaporan CMG terhadap pertandingan ini mencapai kesuksesan yang belum pernah ada dalam sejarah, CMG menimbulkan antusias masyarakat Tiongkok untuk mengetahui dan membagikan olimpiade musim dingin. IOC mengapresiasi kesuksesan yang dicapai CMG. Melalui penyiaran dan pelaporan serupa, semangat dan nilai Olimpiade telah dipromosi lebih lanjut di Tiongkok.

CMG: Menurut Anda, kerja sama apa saja dapat dilakukan CMG dengan IOC pada masa mendatang?

Bach: Kami yakin bahwa kerja sama antara CMG dan IOC akan terus meningkat, khususnya kerjasama di saluran-CCTV16, yaitu saluran Olimpiade . Selain itu, kami yakin kerjasama di bidang teknologi akan dilanjuti, kami bersedia membagi pengalaman kami, terutama meningkatkan kerja sama dengan pihak terkait Tiongkok, saling belajar dan maju bersama.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 444 Views

Update
No Update Available
Related News
`LikeAChamp` picu gelombang interaksi internet global dengan tema Asian Games
Universiade Chengdu ditutup
Xi Jinping: kesehatan rakyat adalah indikator utama modernisasi
×