Kamis, 14 April 2022 14:36

HFTP saksikan keterbukaan Tiongkok yang semakin lebar

Ekonomi

Pintu terbuka tidak akan ditutup, malah akan dibuka semakin lebar, itulah komitmen khidmat Tiongkok kepada dunia. Selama empat tahun ini, pembangunan pelabuhan perdagangan bebas Hainan atau HFTP merupakan sebuah model atau gambaran dari komitmen Tiongkok tersebut.

Pada tanggal 12 April lalu, Presiden Tiongkok Xi Jinping melakukan inspeksi ke Zona Pengembangan Ekonomi Yangpu, Hainan untuk memahami keadaan pembangunan pelabuhan perdagangan bebas yang berkarakteristik Tiongkok.

Pada hari yang sama, Administrasi Umum Kepabeanan Tiongkok merilis data yang menunjukkan bahwa nilai ekspor impor HFTP telah meningkat dari 70,28 miliar Yuan pada tahun 2017 menjadi 147,68 miliar Yuan pada tahun 2021, atau rata-rata meningkat 20,4 persen per tahun. Laju pertumbuhan tahunan rata-rata 11,5 poin persentase lebih cepat daripada secara nasional, menempati urutan kedua, angka tersebut menunjukkan kedinamisan HFTP.

Pelabuhan perdagangan bebas adalah salah satu status keterbukaan yang paling top di dunia. Pada 13 April 2018, pelabuhan perdagangan bebas yang berkarakteristik Tiongkok diresmikan di Hainan. Selama empat tahun ini, volume ekspor dan impor akumulasi dalam rangka kebijakan “nol tarif” sebesar 7 miliar Yuan ke atas, dengan realisasi penanaman modal asing sebesar 79,4 persen per tahun.

Sementara itu, di HFTP telah diberlakukan 150 lebih regulasi terkait pelabuhan perdagangan bebas... semua itu adalah hasil-hasil nyata pembangunan dari tahun ke tahun, yang ikut menyaksikan tekad keterbukaan Tiongkok serta upayanya untuk menang bersama dengan seluruh dunia.

Selain itu, dilihat dari Daftar Negatif Investasi (DNI) untuk PMA yang terpendek sampai daftar negatif perdagangan jasa lintas wilayah pertama, hingga penerapan kebijakan preferensial perpajakan yang sangat kompetitif, lingkungan bisnis HFTP terus dioptimalkan. Selama empat tahun ini, realisasi PMA di Hainan secara akumulatif tercatat 8,881 miliar dolar AS, atau rata-rata meningkat 79,4 persen per tahun. Total terdapat 126 negara dan daerah telah melakukan investasi di Hainan.

Semakin sulit, semakin terbuka. Selama empat tahun ini, Tiongkok giat mendorong pembangunan HFTP menurut iramanya dengan mengatasi kesulitan dari pandemi COVID-19 dan deglobalisasi yang terus menantang.

Pada tanggal 1 Januari 2022, seiring dengan pemberlakuan resmi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), HFTP telah menyambut peluang perkembangan yang baru. Para analis berpendapat, HFTP akan memainkan peran sebagai jembatan penghubung atau hub dalam kerja sama kawasan.

Dapat diproyeksikan bahwa dari Hainan sampai seluruh Tiongkok, keterbukaan putaran baru yang bertaraf lebih tinggi akan memberikan lebih banyak peluang kepada dunia, dan memberikan tenaga penggerak yang sangat dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi dunia.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 239 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping tegaskan untuk dorong pembangunan Tiongkok bagian tengah
Instruksi Presiden Xi terkait penanaman di musim semi
Unsur apa saja yang mendukung ekonomi Tiongkok terus membaik?
×