Kamis, 21 April 2022 08:48

Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Lampung resmi dikukuhkan

Peristiwa

Pengukuhkan pengurus LPM Provinsi Lampung dilakukan langsung Ketua Umum DPP LPM RI Dr. Ahmad Doli Kurniawan Tanjung, dan disaksikan Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi beserta para unsur forkompinda Provinsi Lampung, di Mahan Agung, Rabu (20/4/2022). 

Dalam amanatnya, Arinal Djunaidi mengajak para pengurus  LPM di Provinsi Lampung mampu memajukan desa dan bisa bersinergi dengan Program Unggulan Desa Berjaya milik Pemrov Lampung.

Arinal berharap dan berniat menjadikan LPM di Provinsi Lampung menjadi tulang punggung pembangunan untuk memajukan serta meningkatkan perekonomian di desa.

"LPM di Lampung harus beda dengan daerah lain. Saya mau LPM jadi tulang punggung pembangunan di desa, jangan wujudnya ada tapi tak mampu memberdayakan desa," tegas Arinal dalam sambutannya.

Ia juga menginginkan LPM nantinya mampu memberdayakan Bumdes dengan personel yang memiliki sumber daya manusia yang handal untuk bisa menggerakan roda perekonomian di desa. 

"Saya mau Bumdes itu diisi orang-orang LPM yang cerdas dan bisa bersinergi dengan program Pemrov Lampung kartu petani berjaya. Misalnya bagaimana mengatasi produk-produk petani yang kesulitan pemasaran dibantu, dipasarkan  dan diberdayakan," ungkapnya

Arinal mencontohkan salahsatu permasalahan di desa terkait banyaknya wajib pajak kendaraan bermotor yang tidak bisa bayar pajak karena masalah jarak lokasi tempat membayar pajak yang cukup jauh. 

"Contoh masalah di desa ada sekitar 3 juta motor di Lampung  tidak bayar pajak. Salah satu alasannya karena mereka kalau mau bayar pajak terlalu jauh, dan  ongkos bayar pajak yang harus dikeluarkan hampir sama dengan jumlah nilai pajak yang harus mereka bayarkan. Makanya Bumdes bisa diberdayakan untuk mengatasi masalah-masalah seperti itu," ungkapnya

Di waktu yang bersamaan, Ketua Umum LPM Pusat Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam sambutannya, mengapresiasi kinerja LPM Provinsi Lampung yang mampu melaksanakan proses Musda LPM hingga pelantikan, berlangsung cepat  

"Saya sangat bahagia, karena LPM Lampung ini mampu menyelenggarakan musda dan pelantikan yang berlangsung cepat," ujarnya. 

Sementara Ahmad Bastian saat berikan sambutannya, memuji kinerja Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah mampu meraih banyak penghargaan dalam hal pembangunan. Setidaknya ada sekitar 68 penghargaan yang telah di raih Arinal selama memimpin Lampung.

Ahmad Bastian menambahkan LPM akan menjadi mitra dan penyambung aspirasi masyarakat dan aspirasi Pemerintah Provinsi Lampung.

Ia juga menyampaikan dengan adanya program unggulan pemprov Lampung yaitu Kartu Petani Berjaya, LPM akan bersinergi bersama pemprov Lampung guna mampu mengorientasikan program KPB di masyarakat demi kepentingan dan kesejahteraan petani. 

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yaitu Smartvillage yang sudah diikuti 1068 Desa se-Provinsi Lampung yang terintegrasi dengan e-Samdes (elektronik Samsat Desa) di 168 BUMDes dan Desamart.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 444 Views

Update
No Update Available
Related News
Koramil 03/GP gelar halal bihalal dan kejutan HUT Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
×