Selasa, 26 April 2022 08:23

TNI AL tangkap kapal tug boat Biak 9 di Teluk Lasolo Sultra

Press Release

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Letkol Laut (P) M. Catur Soelistyono, S.H., CHRMP bersama jajaran Lanal Palu dan jajaran Pos TNI AL Morowali menggelar pres rilis terkait pelimpahan berkas dan barang bukti penangkapan kapal tug boat dan tongkang bermuatan ore nikel diwilayah perairan laut Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah, Senin (25/4/2022).

Danlanal Palu Letkol Laut (P) M. Catur soelistyono dalam keterangan persnya di wilayah perairan Bahodopi, membenarkan adanya pelimpahan pemeriksaan Tug Boat BIAK 9 ditangkap akibat diduga melakukan pelanggaran Undang-Undang Pelayaran yang sampai saat ini proses pemeriksaan masih berlangsung.

"Hal ini berdasarkan perintah bapak panglima TNI kepada Bapak KASAL, terkait tindaklanjut pelanggaran dilaut, maka bapak KASAL memerintahkan PANGKOARMADA II yang membawahi oprasi laut agar memerintahkan Lantamal untuk melakukan patroli dan satuan dibawahnya adalah Pangkalan TNI AL Palu," ungkapnya.

Lebih jauh, Danlanal Palu menyebut, kapal TB Biak 9 yang menuju Morosi dilakukan penangkapan kapal dilakukan di wilayah perairan Morowali. "Setelah ditemukan adanya dugaan pelanggaran, maka TB BIAK 9 ditangkap di dibawa ke Pos TNI AL terdekat, yakni Pos TNI AL Morowali yang berada di Bahodopi," beber Danlanal Palu.

Menurut Danlanal, sejak pagi dirinya beserta 5 personel Pos TNI AL Morowali berangkat dari Pos TNI AL Morowali ke TB Biak 9 dengan titik kordinat 02° 50' 003" S 122° 12' 788" E Timur pulau Alang-alang dengan menggunakan sea rider.

Sebelumnya, Komandan Pos TNI AL morowali bertemu dengan Tim Pengawal dari KRI AHP 355 di TB. Biak 9 kemudian melaksanakan pengecekan barang bukti dan ABK TB. Biak 9 dalam keadaan sehat, lengkap dan aman.

Kemudian, tim pengawal dan personel Pos TNI AL morowali menuju ke KRI AHP 355 melaksanakan serah terima barang bukti dari Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusuma (AHP) 355 Kolonel Laut (P) Ludfy ST, MMDS kepada Komandan Pos TNI AL Morowali Kapten Laut (T) Abdullah Ketut Abdigalung beserta dokumen dan ABK TB. Biak 9 yang berada di KRI AHP 355 serta pengembalian Tim Pengawal KRI AHP 355 ke KRI AHP 355 yang sandar di dermaga Jety 8 IMIP.

Bertempat digeladak helly KRI AHP 355 dilaksankan penyerahan surat tanda terima barang bukti dalam kedaan aman dan KRI AHP 355 bertolak dari Dermaga Jety 8 IMIP. Selesai melaksanakan Merflug KRI AHP 355 Danposal dan anggota Pos TNI AL Morowali serta ABK TB. Biak sebanyak 7 orang menuju TB. Biak 9 yang sedang lego jangkar.

Setelah itu, Danposal serta anggota Pos TNI AL Morowali serta ABK TB. Biak 9 tiba di TB. Biak 9 kemudian Danpos TNI AL morowali memberikan pengarahan kepada seluruh ABK TB. Biak 9. Pukul 11.30 WITA Personel Pos TNI AL Morowali beserta Nahkoda dan 3 (tiga) ABK TB. Biak 9 berangkat ke Pos TNI AL Morowali.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 234 Views

Update
No Update Available
Related News
Diskual adakan Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Migrasi Data semester I TA 2022 di lingkungan TNI AL UO TNI AL di Lantamal VI
Wakil Komandan Lantamal VI lepas Calon Taruna AAL TA. 2022
Meriahkan HUT Ke-72 tahun 2022, Lantamal VI adakan senam aerobik dan fun games
×