Rabu, 18 Mei 2022 11:25

‘Dukung Taiwan berpartisipasi dalam WHA’, kapan habisnya muslihat AS?

Luar Negeri

Menjelang Majelis Kesehatan Dunia (WHA) ke-75, politikus AS kembali memainkan trik lamanya untuk ‘mendukung Taiwan berpartisipasi dalam WHA’. Baru-baru ini, pemimpin AS menandatangani RUU yang menuntut Menlu AS membantu Taiwan agar dapat berpartisipasi dalam WHA dengan status anggota peninjau WHO, perilaku itu telah secara kasar mengintervensi urusan dalam negeri Tiongkok, dengan serius melanggar prinsip satu Tiongkok dan regulasi dalam Tiga Komunike Bersama Tongkok-AS, serta melanggar hukum internasional dan patokan dasar hubungan internasional, hal tersebut pasti akan mengalami kegagalan total.

Beberapa tahun terakhir ini, setiap menjelang WHA, segelincir kekuatan AS selalu menggembar-gemborkan perluasan ‘ruang internasional’ Taiwan, tapi akhirnya semua gagal. Hal ini menunjukkan bahwa prinsip satu Tiongkok adalah patokan hubungan internasional yang diakui oleh dunia dan kesepahaman umum komunitas internasional, kenyataan ini tak bisa diubah meskipun terus diganggu oleh AS.

Hal serupa yang kembali diulang oleh AS memperlihatkan kembali bahwa AS melanggar prinsip satu Tiongkok. Dari penjualan senjata kepada Taiwan hingga kunjungan senator AS ke Taiwan, beberapa politikus AS selalu memainkan ‘kartu Taiwan’ untuk berupaya mengekang Tiongkok.

Taiwan adalah masalah yang terpenting dan tersensitif dalam hubungan Tiongkok-AS, juga berkaitan dengan kepentingan inti Tingkok. AS hendaknya menepati komitmennya untuk berhenti mensabot prinsip satu Tiongkok dan melaksanakan kesepahaman kepala kedua negara. Perilaku AS dengan ‘perkataan dan perbuatannya yang berbeda’ hanya akan merusak reputasi politik AS sendiri. Segala aksi yang mendukung ‘Taiwan Merdeka’ pasti akan mendapat serangan balasan dari Tiongkok dan pasti akan mengalami kegagalan total.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 104 Views

Update
No Update Available
Related News
Politikus AS ingin mencari keuntungan kembali dengan melawan inisiatif sabuk dan jalan
UMKM Tiongkok bertumbuh pesat dan dinamis
Tiongkok dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global
×