Kamis, 23 Juni 2022 09:20

Presiden Xi Jinping berpidato di depan forum bisnis BRICS

Luar Negeri

Presiden RRT Xi Jinping menyampaikan pidato bertema ‘Kuasai Arus Zaman, Ciptakan Masa Depan yang Cerah’ secara virtual di depan upacara pembukaan Forum Bisnis BRICS pada hari Rabu kemarin malam (22/6).

Presiden Xi menunjukkan, saat ini dunia sedang mengalami perubahan yang tiada taranya dalam seratus tahun ini dan pandemi Covid-19, berbagai tantangan keamanan bermunculan, pemulihan ekonomi dunia amat sulit, pembangunan global pun menghadapi kekandasan berat. Menuju mana dunia ini? Perdamaian atau peperangan? Pembangunan atau resesi? Keterbukaan atau ketertutupan? Kerja sama atau konfrontasi? Semuanya adalah pertanyaan zaman yang dihadapi kita.

Presiden Xi menekankan, meskipun terkadang mengalami berbagai kendala, tapi Tiongkok selalu dapat berkembang maju tanpa berhenti. Meskipun situasi internasional berubah secara drastis, tapi tren keterbukaan dan pembangunan tak akan berubah, keinginan untuk bekerja sama dengan bergaendengan tangan menghadapi tantangan pun tak akan berubah.

Pertama, kita harus bersolidaritas, bersama-sama memelihara perdamaian dan kestabilan dunia. Kedua, kita harus bergotong royong, bersama-sama mendorong pembangunan berkelanjutan global. Ketiga, kita harus senasib sepenanggungan, bersama-sama mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan. Keempat, kita harus bersikap inklusif, bersama-sama memperluas keterbukaan dan intergrasi.

Presiden Xi menekankan, menghadapi lingkungan pembangunan dalam dan luar negeri yang rumit dan serius, Tiongkok giat mengoordinasikan pencegahan wabah dengan pembangunan ekonomi, berpegang teguh pada politik memprioritaskan kepentingan rakyat dan keselamatan jiwa, secara maksimal melindungi kesehatan rakyat, serta semaksimal mungkin menstabilkan situasi pokok ekonomi. Tiongkok akan terus mengintensifkan penyesuaian kembali kebijakan makro, mengambil langkah yang lebih efektif, serta berupaya mewujudkan target pembangunan ekonomi tahun ini.

Pada paro kedua tahun 2022, Tiongkok akan mengadakan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok untuk mencetak gambar biru pembangunan Tiiongkok pada tahap selanjutnya. Tiongkok akan bertolak dari tahap pembangunan yang baru, melaksanakan konsep pembangunan yang baru, aktif menyusun pola pembangunan yang baru, dan berupaya mewujudkan pembangunan bermutu tinggi.

Ke depan Tiongkok akan terus meningkatkan level keterbukaan, membangun sistem baru ekonomi yang lebih terbuka, terus menciptakan lingkungan bisnis yang semakin dimarketisasi, dilegalisasi dan diinternasionalisasi. Tiongkok menyambut investasi asing di Tiongkok, meningkatkan kerja sama ekonomi dan bersama berbagi peluang pembangunan.

Presiden Xi menunjukkan, sistem kerja sama BRICS adalah platform penting antar negara emerging market dengan negara berkembang.

Forum Bisnis BRICS 2022 digelar secara daring dan luring di Beijing. Upacara pembukaan juga dihadiri secara virtual oleh Presiden Afrika Selatan Matamela Cyril Ramaphosa, Presiden Brasil Jair Messias Bolsonaro, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 180 Views

Update
No Update Available
Related News
Politikus AS ingin mencari keuntungan kembali dengan melawan inisiatif sabuk dan jalan
UMKM Tiongkok bertumbuh pesat dan dinamis
Tiongkok dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global
×