Minggu, 26 Juni 2022 08:36

Tiongkok dorong pelaksanaan inisiatif pembangunan global

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping Jumat malam (24/6) secara virtual memimpin pertemuan Dialog Tingkat Tinggi Pembangunan Global dan menyampaikan pidato penting. Dalam pidatonya ia sempat membicarakan pengalamannya sendiri yang menjadi seorang petani di desa Tiongkok pada tahun 1960-an, dan mengakui dirinya sangat memahami kesulitan kehidupan rakyat setempat. 50 tahun kemudian, ketika Jinping kembali ke desa ini, dia senang melihat “Penduduk setempat tidak khawatir lagi pada sandang pangan dan papan.”

Pengalaman pemimpin Tiongkok ini mengungkapkan suatu prinsip sederhana: Biarpun tinggal di negara atau benua mana, keinginan rakyat untuk mengejarkan kehidupan bahagia adalah sama. Bagi pemegang kekuasaan, “Hanya terus mendorong pembangunan, baru dapat mewujudkan impian rakyat akan kesejahteraan kehidupan dan ketenteraman sosial.” Ini justru inti dan misi Pertemuan BRICS tahun ini yang memfokuskan tema pembangunan.

Pada September 2021, Presiden Xi mengajukan Inisiatif Pembangunan Global di depan sidang majelis umum PBB, mendorong masyarakat internasional kembali memfokuskan masalah pembangunan. Dilaksanakannya Dialog Tingkat Tinggi Global tahun ini, menandakan Inisiatif Pembangunan Global mulai dilaksanakan. Di depan Dialog kali ini, Presiden Xi sempat mengajukan untuk menciptakan bersama pola pembangunan global yang seimbang, koordinatif, inklusif, kooperatif dan menang bersama serta makmur bersama.

Selama dialog tersebut, Presiden Xi sempat mengumumkan rangkaian tindakan pragmatis mengenai pelaksanaan inisiatif pembangunan global, antara lain mendirikan ‘Dana Pembangunan Global dan Kerja Sama Selatan-Selatan’, mengintensifkan penanaman terhadap Dana Perdamaian dan Pembangunan Tiongkok-PBB, serta mendirikan Pusat Pendorongan Pembangunan Global, merilis Laporan Pembangunan Global. Jumat lalu, Dialog Tingkat Tinggi merilis sebuah daftar prestasi yang mencakup 8 bidang penting antara lain pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan, pencegahan pandemi dan vaksin, pendanaan pembangunan, perubahan iklim dan perkembangan hijau, industrialisasi, ekonomi digital serta interkonektivitas di era digital.

Opini umum berpendapat, tahun ini adalah ‘Tahun Tiongkok BRICS’ sesungguhnya.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 123 Views

Update
No Update Available
Related News
Presiden Xi Jinping lakukan Kunker ke Liaoning
Xi Jinping datang di Taman Hutan Danau Timur Jinzhou
Xi Jinping memperhatikan bencana banjir di Provinsi Liaoning
×