Selasa, 02 Agustus 2022 10:29

C919 selesaikan penerbangan uji coba

Luar Negeri

Pesawat penumpang berukuran besar buatan Tiongkok C919 telah menyelesaikan penerbangan uji coba TC (sertifikasi kelaikan udara) pada hari Senin kemarin(1/8).

Dari perampungan perakitan bodi pesawat sampai menyelesaikan penerbangan uji coba TC, C919 telah menghabiskan waktu selama 9 tahun.

Kabar ini sangat menggembirakan. Apakah menyelesaikan penerbangan uji coba TC berarti kita dapat segera melihat C919 yang resmi beroperasi? Berapa lama lagi pesawat penumpang buatan Tiongkok ini baru dapat melakukan penerbangan komersial?

Sebuah Simpul Tonggak Sejarah
“Selesainya penerbangan uji coba TC menjadi sebuah simpul dari tonggak sejarah. Ini berarti, pesawat uji coba telah menyelesaikan semua gerakan yang ditentukan dalam penerbangan uji coba.”

Pakar transportasi udara Tiongkok Qi Qi menambahkan, “langkah berikutnya adalah mengumpulkan data statistik penerbangan uji coba, menyimpulkan dan menyerahkan bahan-bahannya. Terakhir, laporan tersebut perlu diperiksa oleh para pakar kelaikan udara, kemudian baru dapat memperoleh sertifikasi laik penerbangan.”

Tugas-Tugas Berikut Harus Diselesaikan Sebelum Beroperasi secara Komersial
“Memperoleh TC adalah simpul penting selanjutnya,” tutur Qi. Setelah memperoleh TC, Perusahaan Pesawat Komersial Tiongkok (COMAC) akan menyerahkan pesawat kepada maskapai pertama yang telah menandatangani persetujuan, kemudian maskapai ini akan menempatkan pesawat ini ke dalam barisan armadanya, kemudian baru dapat mengatur penerbangan terkait.

“C919 akan segera beroperasi secara komersial”. Li Hanming menyatakan, di satu sisi, perlu memperoleh sertifikat TC dan sertifikat registrasi pesawat, di sisi lain, pilot terkait juga harus mendapat SIM model pesawat terkait, pilot terkait perlu belajar bagaimana mengemudikan pesawat ini.

"Selain itu, maskapai terkait sebagai pengangkut perlu mempunyai kualifikasi renovasi C919 dan pelatihan pilot C919. Setelah tugas-tugas tersebut diselesaikan semuanya, C919 baru dapat mulai resmi beroperasi secara komersial dan mengangkut penumpang.” Demikian dikatakan oleh pakar Sumber Daya Penerbangan Sipil Li Haming.

Menurut situs web resmi COMAX, sejauh ini, C919 telah memiliki 815 buah pesanan pesawat dari 28 klien.
Pesawat penumpang berukuran besar C919 adalah pesawat jet sipil yang diteliti dan diproduksi oleh Tiongkok menurut peraturan penerbangan sipil internasional dan mempunyai hak kekayaan intelektual independen. Pesawat C919 memiliki kapasitas 158-168 kursi penumpang dengan daya jelajah 4.075-5.555 km.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 82 Views

Update
No Update Available
Related News
Meninjau akuntabilitas Tiongkok di Hari Kemanusiaan Dunia
Kaleng spam digembok dalam kotak saat dijual, kenapa?
Presiden Xi Jinping lakukan Kunker ke Liaoning
×