Kamis, 11 Agustus 2022 18:13

Dukung ketahanan pangan, Babinsa Koramil 03/GP rutin rawat ikan, tanaman sayuran dan toga

Peristiwa

Jakarta Barat - Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Babinsa Koramil 03/GP meluangkan waktu secara rutin merawat ikan air tawar, tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga (toga) bertempat di halaman Makoramil 03/GP, Jl. Anggrek Garuda V Blok E RT.005/RW.02 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis Sore (11/8/2022).

Sistem menanam tanaman sayuran dan toga dengan memanfaatkan lahan sempit di sekitar Makoramil 03/GP. Ada pun tanaman sayuran yang dibudidayakan adalah kangkung, cabe, tomat, terong ungu, sawi. Sedangkan tanaman obat dan keluarga yaitu lengkuas, cocor bebek dan jahe. Untuk ikan air tawar dibudidayakan dengan menggunakan kolam dan memberikan pakan setiap hari.

Komandan Koramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto menyampaikan bahwa kegiatan perawatan ini sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan. “Koramil 03/GP memiliki lahan yang tidak terlalu luas namun dimaksimalkan untuk mendukung program ketahanan pangan”.

“Terdapat kolam ikan air tawar yang setiap hari kami rawat yaitu ikan mas, mujair, lele dan patin. Selain itu kami juga memiliki tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga. Semua perawatan dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/GP secara rutin setiap hari”.

Pihaknya akan terus melanjutkan menanam tanaman sayuran dan membudidaya ikan air tawar. Ia juga berharap warga sekitar mau mencontoh karena dengan menanam tanaman sayuran, toga dan ikan air tawar bisa mendukung ketahanan pangan, terutama di saat pandemi Covid-19.

Babinsa Koramil 03/GP Sertu Heru Wahyana tampak sedang menyiram tanaman sayuran dan membersihkan kotoran di lahan tersebut, serta memberikan pakan untuk ikan air tawar.

Sertu Heru Wahyana menjelaskan, “Setiap hari kami senantiasa melakukan kegiatan perawatan urban farming atau kegiatan berkebun di tengah kota, merawat tanaman sayuran, toga dan juga memberi pakan ikan air tawar”.

”Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat dari segi ekonomi, tetapi juga bagi kesehatan. Kita dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari”, tandas Sertu Heru Wahyana.


*(Su

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 103 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya pimpin serah terima jabatan Danrem 052/Wijayakrama
Sambangi warga, Bhabinkamtibmas Polsek Utbar ajak harkamtibmas
Sambangi tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Seltim jalin komunikasi
×