Sabtu, 13 Agustus 2022 00:05

Danrem 052/Wijayakrama ajak mahasiswa Universitas Tarumanagara pahami 4 Pilar Kebangsaan

Peristiwa

Jakarta Barat - Komandan Korem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Rano Tilaar S.E., memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan para mahasiswa baru di Kampus Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S. Parman No.1, RT.6/RW.16, Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Jumat (12/8/2022).

Kedatangan Jenderal Bintang Satu tersebut disambut langsung oleh Rektor, Wakil Rektor, Civitas Academica dan para mahasiswa Universitas Tarumanagara.

Dalam kesempatan ini, Jenderal bintang satu dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang saat ini menjabat sebagai Komandan Korem 052/Wijayakrama membawahi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu dan juga Tangerang Raya, memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan sebagai penangkal ideologi radikal kanan dan radikal Kiri.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Danrem menyampaikan tentang Sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia secara singkat, sebagai wawasan untuk mengingatkan kita tentang sejarah terbentuknya suatu bangsa yang di kemudian hari bernama Bangsa Indonesia. Namun ketika para “Founding Fathers” akan menentukan ideologi bangsa sebagai konstruksi awal pembangunan bangsa ini, ternyata mereka itu justru menjadi terpetak-petak karena memiliki beberapa pemahaman yang masih dipengaruhi oleh kepentingan sektarian.

Di akhir pemaparan materinya, Danrem berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini agar para peserta khususnya para mahasiswa/mahasiswi sebagai generasi penerus bangsa bisa meningkatkan memiliki tekad serta sikap dan perilaku dalam menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Ideologi Bangsa Indonesia yang sering disebut dengan istilah 4 Pilar Kebangsaan yaitu UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke, NKRI harga mati.

Dalam pesannya buat para mahasiswa/mahasiswi, Rano Tilaar berpesan agar mereka senantiasa mengembangkan semangat 'PERSAUDARAAN' yang mana menurutnya definisi dari PERSAUDARAAN tersebut adalah “Senantiasa memperbesar persamaan, namun justru harus memperkecil adanya perbedaan.”

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Rektor Untar Prof. Dr.Ir. Agustinus Purna Irawan M.M.,I.P.U, ASEAN ENg., Wakil Rektor Dr. Rasji ,S.H.,M.H., Dandim 0503/JB Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, Kasdim 0503/Letkol Inf Dwi Tamtomo, Danramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto, Bati Tuud Koramil 03/GP, Peltu Edi Rustandi, Babinsa Kelurahan Tomang Serka Bachtiar, serta para personil Koramil 03/GP.

(M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 241 Views

Update
No Update Available
Related News
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
Tingkatkan rasa aman, Polres Metro Depok lakukan patroli di rumah-rumah kosong selama mudik lebaran
×