Kamis, 15 September 2022 15:00

Forum kerja sama media ‘Mitra ASEAN’ 2022 digelar

Luar Negeri

Pada tanggal 15 September, Forum Kerja Sama Media ‘Mitra ASEAN’ 2022 yang diselenggarakan bersama oleh China Media Group CMG dan pemerintah Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi Tiongkok digelar di Kota Nanning, Guangxi.

Sekitar 180 tamu dari 70 lebih media dan lembaga yang berasal dari 17 negara melakukan dialog dalam bentuk daring dan luring yang berkisar pada tema ‘kecerdasan, konektivitas dan daya kohesi’, mendorong media Tiongkok dan negara-negara ASEAN melakukan lebih banyak pertukaran dan kerja sama yang multi-dimensi dan lebih mendalam, untuk membantu pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-ASEAN yang lebih erat.

Gubernur Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi Lan Tianli dan Wakil Direktur CMG Yan Xiaoming menghadiri upacara pembukaan dan menyampaikan pidatonya. Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Deng Xijun, dan Asisten Perdana Menteri Kamboja sekaligus calon Sekjen ASEAN menyampaikan pidato virtualnya. Mantan Perdana Menteri Laos juga menghadiri kegiatan tersebut secara online.

Lan Tianli dalam pidatonya menyatakan, Tiongkok dan ASEAN saling berhubungan dan memiliki hubungan persahabatan yang telah bersejarah lama. Tahun ini adalah peringatan 55 tahun berdirinya ASEAN, sekaligus tahun pertama hubungan kemitraan strategis komprehensif antara Tiongkok-ASEAN dan diberlakukannya RCEP. Sebagai front depan dan jendela keterbukaan dan kerja sama Tiongkok terhadap ASEAN, Guangxi selalu menjadi pendorong aktif, partisipan mendalam dan penerima manfaat langsung dalam kerja sama Tiongkok-ASEAN.

Guangxi bersedia bersama dengan media berbagai negara, secara mendalam mengimplementasikan serangkaian pemahaman bersama yang dicapai oleh Presiden Xi Jinping dan para pemimpin negara-negara ASEAN, mendorong pembangunan mekanisme kerja sama Tiongkok-ASEAN dan sinergi kebijakan, memperkokoh fondasi pembangunan bersama kampung halaman yang damai, tenteram, makmur, indah dan bersahabat, menyanyikan bersama lagu perdamaian dan pembangunan, mengeluarkan suara kerja sama demi kemenangan bersama, menyumbangkan kecerdasan dan kekuatan bagi kerja sama saling menguntungkan antara Tiongkok dan ASEAN, menyebarkan bersama nilai bersama segenap manusia, serta memperdalam pertukaran, memperluas ruang kerja sama dan menyediakan tunjangan kebudayaan dan opini umum yang kuat kepada pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-ASEAN yang lebih erat.

Yan Xiaoming dalam pidatonya menunjukkan, pada bulan November tahun lalu, Presiden Xi Jinping di depan KTT Peringatan genap 30 tahun hubungan dialog Tiongkok-ASEAN menyampaikan pidato pentingnya dan menunjukkan arah bagi pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-ASEAN yang lebih erat. Sebagai media utama internasional yang berpengaruh dan media nasional Tiongkok, beberapa tahun ini, CMG telah mengadakan pertukaran yang semakin erat dengan media negara-negara ASEAN dan telah mencapai hasil yang bernas.

Forum Kerja Sama Media ‘Mitra ASEAN’ kali ini merupakan bentuk baru CMG untuk mendorong pertukaran dan kerja sama dengan media berbagai negara ASEAN. CMG mengumpulkan kecerdasan dan bersama dengan media ASEAN memikul misi zaman media yang bertanggung jawab, sepenuhnya memainkan keunggulan siaran internasional CMG, mendorong kerja sama membangun bersama, berbagi bersama dan mengupayakan kemenangan bersama, meneruskan persahabatan dan memainkan peranan sebagai jembatan dalam ikatan antar masyarakat, pertukaran budaya, dan kerja sama pragmatis antara Tiongkok dan ASEAN, serta memanfaatkan keunggulan inovasi iptek ‘5G Plus 4K/8K Plus AI’ CMG untuk menginjeksikan dinamika baru ke dalam inovasi dan perkembangan industri budaya media global.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 4902 Views

Update
No Update Available
Related News
Terulangnya tragedi George Flyod sangat memalukan bagi AS
Niat AS, Inggris dan Australia pada isu kerjasama kapal tenaga nuklir itu tak akan sukses
Hari Chongyang di Tiongkok
×