Jumat, 16 September 2022 14:49

Kegiatan ‘Hari Tiongkok dan ASEAN 2022’ sukses terselenggara

Luar Negeri

Pada tanggal 14 September lalu, kegiatan ‘Hari Tiongkok dan ASEAN 2022’ yang diselenggarakan oleh Pusat Tiongkok – ASEAN dan Asosiasi Rakyat Tiongkok untuk Persahabatan dengan Negara Asing Beijing digelar dengan diikuti oleh sekitar 120 orang, antara lain diplomat kedutaan besar sepuluh negara anggota ASEAN, wakil dari Kementerian Pendidikan Tiongkok, Dewan Tiongkok untuk Promosi Perdagangan Internasional (CCPIT), Yayasan Song Qingling Tiongkok dan lain-lain.

Sekjen Pusat Tiongkok-ASEAN Chen Dehai dalam pidatonya menyatakan, tahun ini 31 tahun penjalinan hubungan dialog antara Tiongkok dan ASEAN, dan 55 tahun berdirinya ASEAN, juga tahun pertama hubungan kemitraan strategis menyeluruh Tiongkok- ASEAN.

Pusat Tiongkok-ASEAN akan terus berupaya melaksanakan kesepahaman penting yang dicapai oleh pemimpin Tiongkok dan ASEAN, menjadi jembatan untuk memperdalam komunikasi bersahabat dan kerja sama pragmatis kedua pihak di berbagai bidang, mendorong rakyat kedua pihak agar lebih saling mengenal dan dapat berbaur, serta memberikan kontribuksi yang lebih besar bagi pembangunan kampung persahabatan Tiongkok-ASEAN.

Wakil Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Dino R. Kusnadi menyatakan, selama 31 tahun penjalinan hubungan dialog Tiongkok dan ASEAN, kerja sama di berbagai bidang telah mencapai hasil bernas.

Mekanisme ASEAN menjadi platform bagi 10 negara Asia Tenggara dan Tiongkok untuk mengadakan komunikasi secara periodik, sedangkan mendorong komunikasi kedua pihak adalah fungsi utama Pusat Tiongkok-ASEAN.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 69 Views

Update
No Update Available
Related News
Terulangnya tragedi George Flyod sangat memalukan bagi AS
Niat AS, Inggris dan Australia pada isu kerjasama kapal tenaga nuklir itu tak akan sukses
Hari Chongyang di Tiongkok
×