Jumat, 16 September 2022 19:18

Presiden Xi Jinping sampaikan pidato penting di Konferensi SCO

Luar Negeri

Presiden RRT Xi Jinping hari ini (16/9) menyampaikan pidato penting di depan Konferensi ke-22 Dewan Pengurus Kepala Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

Dalam pidatonya Presiden Xi mengatakan, 2022 adalah 20 tahun penandatangan konstitusi SCO sekaligus 15 tahun penandatangan perjanjian kerja sama bersahabat tetangga rukun jangka panjang SCO.

Tahun-tahun terakhir ini, di atas dasar kedua dokumen tersebut,para anggota SCO telah menemukan jalan pertumbuhan untuk membentuk satu organisasi internasional tipe baru, juga mengumpulkan sejumlah pengalaman berharga yang memiliki makna signifikan.

Presiden Xi mengatakan, di bawah situasi baru, sebagai kekuatan konstruktif penting dalam masalah internasional maupun regional, SCO harus berani menghadapi perubahaan situasi internasional, menguasai arus zaman, terus meningkatkan solidaritas, mendorong pembentukan SCO sebagai komunitas senasib yang lebih erat.

Presiden Xi mengajukan 5 usulan:
Pertama, meningkatkan dukungan antara satu sama yang lain.
Kedua, memperluas kerja sama keamanan.
Ketiga,memperdalam kerja sama pragmatis
Keempat, meningkatkan pertukaran antar masyarakat
Kelima, mempertahankan multilaterisme.

Presiden Xi juga menyampaikan ucapan selamat kepada India selaku ketua bergilir SCO selanjutnya, dan menyatakan kesediaan Tiongkok bersama dengan semua pihak untuk mendukung pekerjaan India untuk menjalankan tugas ketua bergilir SCO.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 67 Views

Update
No Update Available
Related News
Terulangnya tragedi George Flyod sangat memalukan bagi AS
Niat AS, Inggris dan Australia pada isu kerjasama kapal tenaga nuklir itu tak akan sukses
Hari Chongyang di Tiongkok
×