Kamis, 17 November 2022 15:53

Hari ke-2 KTT G20: Xi Jinping hadiri rangkaian kegiatan

Luar Negeri

Tanggal 16 November kemarin adalah hari kedua KTT G20 di Bali, juga merupakan hari penutupan KTT G20. Presiden Tiongkok Xi Jinping berturut-turut menghadiri sejumlah kegiatan multilateral dan bilateral.

Ketika mendiskusikan masalah transformasi digital dalam KTT hari kedua, Xi Jinping mengajukan tiga butir usulan, pertama, hendaknya mempertahankan multilateralisme dan meningkatkan kerja sama internasional. Kedua, memprioritaskan pembangunan dan menutup kesenjangan digital. Ketiga, mempertahankan inovasi sebagai penggerak, dan membantu pemulihan pasca pandemi.

Kemarin sore, Xi Jinping mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Xi Jinping mengatakan, Tiongkok bersedia meningkatkan kerja sama dengan PBB, bersama mendorong Inisiatif Pembangunan Global dan Inisiatif Keamanan Global mencapai hasil nyata. Dia menunjukkan, hendaknya menempatkan pembangunan sebagai fokus dari agenda internasional, agar hasil pembangunan dapat dinikmati secara setara oleh setiap negara dan setiap individu. Berbagai negara hendaknya mematuhi komitmennya masing-masing, serta konsisten dengan perkataan dan perbuatannya.

Pada malam harinya, Xi Jinping mengadakan pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo. Kedua pihak bersama-sama menghadiri serangkaian kegiatan.
Pemimpin kedua negara mencapai kesepakatan penting mengenai pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Indonesia, sepakat untuk memanfaatkan peluang peringatan 10 tahun penggalangan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia pada tahun depan, untuk menciptakan pola baru kerja sama di jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, pemimpin kedua negara juga bersama-sama menyaksikan uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan pameran hasil kerja sama kedua negara melalui tayangan video.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 75 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok dan Kuba bakal perdalam hubungan persahabatan istimewa pada era baru
Distributor sayur
KCJB: Jembatan bahagia Tiongkok-Indonesia yang saling menguntungkan dan menang bersama
×