Jumat, 18 November 2022 09:40

Xi Jinping bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong

Luar Negeri

Pada Kamis sore kemarin (17/11) waktu setempat, Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong di Bangkok, Thailand.

Xi Jinping menunjukkan, menghadapi pandemi dan perubahan yang belum pernah ada sebelumnya, hubungan Tiongkok-Singapura telah memelihara momentum perkembangan yang baik, hal ini tidak hanya membantu kedua negara melawan pandemi dan memulihkan ekonomi, tapi juga telah menyuntikkan energi positif kepada stabilitas dan kemakmuran regional. Hubungan Tiongkok-Singapura bersifat prospektif, strategis, dan patut diteladani.

Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok memberi arah jalan strategis bagi Tiongkok untuk membangun negara sosialis modern dan mendorong modernisasi ala Tiongkok secara keseluruhan. Pihak Tiongkok bersedia bergandengan tangan dengan pihak Singapura untuk mendorong hubungan kemitraan kerja sama menyeluruh Tiongkok-Singapura terus mencapai kemajuan baru sesuai zaman.

Xi Jinping menegaskan bahwa Tiongkok bersedia mempererat pertukaran tingkat tinggi dengan pihak Singapura. Tiongkok menyambut Singapura secara mendalam berpartisipasi dalam konstruksi pola pembangunan baru Tiongkok, dan “kualitas tinggi” harus menjadi simbol khas kerja sama Tiongkok-Singapura. Kedua pihak hendaknya terus membangun Koridor Perdagangan Darat-Laut Antarabangsa Baharu, proyek ikonik dari pembangunan bersama Sabuk dan Jalur Sutra Tiongkok-Singapura yang bermutu tinggi, mendorong optimalisasi dan eskalasi proyek kerja sama di bidang digitalisasi dan pembangunan hijau, menyelesaikan negosiasi lanjutan terkait peningkatan Perjanjian Perdagangan Bebas Tiongkok-Singapura sesegera mungkin, dan meningkatkan level liberalisasi perdagangan dan kerja sama bilateral, serta berusaha memperlancar kunjungan antar masyarakat kedua negara.

Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Singapura untuk memelihara solidaritas dan kerja sama regional, menentang politik berbasis kelompok, menolak konfrontasi antar kubu, mempertahankan arah integrasi ekonomi dan regional yang tepat, dan dengan tegas menentang “pemisahan dan pemutusan rantai” serta “halaman kecil dengan tembok tinggi”. Diharapkan bahwa kedua belah pihak akan bersama-sama mendorong pelaksanaan Inisiatif Pembangunan Global (GDI) di kawasan ini.

Lee Hsien Loong menyatakan bahwa dirinya sangat senang dapat secara tatap muka mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok dan kembali terpilihnya Presiden Xi Jinping sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok. Ia mengatakan, kerja sama bilateral antara Singapura dan Tiongkok kini berkembang dengan kuat.

Di bawah situasi internasional yang rumit saat ini, Singapura berharap memperdalam dan memperluas hubungan dengan Tiongkok secara lebih lanjut, bersedia terus meningkatkan mekanisme kerja sama bilateral yang ada, dan mendorong tiga proyek antar pemerintah di Suzhou, Tianjin dan Chongqing serta Guangzhou Knowledge City ("3+1"), sebuah proyek tingkat nasional untuk berkembang secara optimal pada level lebih tinggi.

Kebangkitan Tiongkok tak terbendung, Tiongkok yang kuat dan bersahabat akan membawa pengaruh positif bagi kawasan dan dunia, serta membantu negara-negara kecil dan menengah mewujudkan pembangunan bersama. Pihak Singapura selalu memandang pembangunan Tiongkok secara positif dan bersedia mendukung serta berpartisipasi dalam Inisiatif Pembangunan Global.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 182 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok dan Kuba bakal perdalam hubungan persahabatan istimewa pada era baru
Distributor sayur
KCJB: Jembatan bahagia Tiongkok-Indonesia yang saling menguntungkan dan menang bersama
×