Senin, 05 Desember 2022 13:05

Pesawat antariksa berawak Shenzhou-14 sukses selesaikan misi

Luar Negeri

Berdasarkan informasi dari Badan Antariksa Berawak Tiongkok (CMSA), pada hari Minggu (04/12) kemarin pukul 20:09, pesawat antariksa berawak Shenzhou-14 dengan sukses mendarat di lapangan landasan Dongfeng, para petugas medis dan asuransi kesehatan mengonfirmasikan bahwa kesehatan astronaut Chen Dong, Liu Yang, Cai Xuzhe dalam kondisi baik, dengan demikian misi penerbangan berawak Shenzhou-14 telah mencapai kesuksesan penuh.

Pada pukul 19:20, melalui stasiun pemantauan darat, Pusat Kontrol Penerbangan Dirgantara Beijing mengirimkan perintah untuk kembali ke bumi, kapsul pengorbit pesawat antariksa berawak Shenzhou-14 berhasil dipisahkan dengan kapsul kembali. Setelahnya, kapsul kembali berpisah dengan kapsul pendorong. Setelah kapsul kembali mendarat, tim SAR menemukan target secara tepat waktu dan sampai di lokasi. Setelah pintu kapsul kembali dibuka, para petugas medis segera mengonfirmasikan bahwa para astronot berada dalam kondisi sehat.

Pesawat Antariksa Berawak Shenzhou-14 diluncurkan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan pada tanggal 5 Juni tahun 2022, kemudian bergabung dengan modul inti Tianhe. Ketiga astronot tersebut telah tinggal di orbit selama 6 bulan dan melakukan tiga kali aktivitas ekstravehicular, menyelesaikan instalasi dan penyesuaian peralatan di dalam dan di luar stasiun ruang angkasa serta fasilitas dan peralatan terkait penerapan di ruang angkasa, melakukan serangkaian percobaan sains dan teknologi ruang angkasa, menyambut kedatangan 2 modul stasiun antariksa, 1 pesawat antariksa berawak dan 1 pesawat antariksa kargo di orbit, berkoordinasi dengan bumi untuk menyelesaikan perakitan dan pembangunan dasar struktur stasiun antariksa Tiongkok berbentuk ‘T’, menyelesaikan proses serah terima tugas dengan kru Shenzhou-15 di orbit, menyaksikan momen historis docking pesawat antariksa kargo dengan stasiun antariksa dengan waktu terpendek di dunia, membuka sebuah ‘kelas antariksa’ di sela-sela misi penerbangan, serta serangkaian pendidikan sains populer dan kegiatan diseminasi budaya yang berciri khas.

Chen Dong pun menjadi astronot Tiongkok pertama yang tinggal di orbit selama lebih dari 200 hari.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 154 Views

Update
No Update Available
Related News
Tiongkok kukuhkan fondasi ketahanan pangan secara menyeluruh
Tahun Baru Imlek Tiongkok hangatkan ekonomi dunia
Pidato Presiden Xi berikan pedoman bagi peningkatan kerja sama Tiongkok-Amerika Latin
×