Selasa, 11 Juli 2023 14:30

Di pertemuan Pendeta Se-Provinsi Lampung Kasiter Kasrem 043/Gatam sampaikan Wawasan Kebangsaan

Peristiwa

Lampung – Betempat di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Maranatha, Jl. P. Ternate Jagabaya 2 Bandar Lampung, Kasiter Kasrem 043/Gatam.Kolonel Inf Risa Wilsi SH. M.H., menghadiri undangan Pertemuan Pendeta Se-Provinsi Lampung dalam kegiatan Work Shop Wawasan Kebangsaan. Selasa (11/7/2023)

Di kegiatan tersebut, selaku pemberi materi Kasiter Kasrem Rem 043/Gatam Kolonel Inf Risa Wilsi SH. M.H, menyampaikan makna wawasan kebangsaan itu sendiri, dan bagaimana menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan keselamatan Bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok, dengan menempatkan persatuan Indonesia dengan cara mempertahankan asas Bhinneka Tunggal Ika.

“Berdasarkan pada pandangan hidup Pancasila, wawasan kebangsaan tidak mengizinkan patriotisme yang tidak jujur, bangsa Indonesia berhasil memulai jalan untuk menjalankan misinya di dunia, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan sejahtera bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir batin , sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju,“ terangnya.

Lebih lanjut Kasiter, menerangkan, saat ini negara Indonesia mengalami krisis kebangsaan, kondisi nyata di masyarakat kita terjadi pergeseran nilai dari masyarakat gotong royong menjadi masyarakat ego sektoral, menurunnya kepedulian sosial, acuh terhadap lingkungan, menonjolnya kepentingan pribadi dan kelompok, menurunnya idialisme, nasionalisme dampak politik uang otonomi Daerah, terjadi penyimpangan setruktur pemerintahan menjadi lemah.

“Dengan demikian, dengan diadakannya wawasan kebangsaan ini, kita berharap yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi agen perubahan dengan terus mengikuti lingstra baik global regional maupun nasional, terus jaga soliditas dan solidaritas sesama komponen bangsa dan lebih khusus lagi sesama umat beragama guna mewujudkan Indonesia yang aman dan damai, “

"Tidak mudah terhasut oleh isu-isu menyesatkan yang justru akan merugikan diri sendiri keluarga dan martabat, dengan meningkatkan disiplin dan loyalitas, amalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, jaga kesehatan fisik serta hindari obat-obat terlarang dan bentuk kriminalitas lainnya, selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME agar mendapat perlindungan, rahmat dan ridho darinya,“ pungkas Kolonel Risa Wilsi.

Tampak hadir mengikuti kegiatan Work Shop Wawasan Kebangsaan, Danramil 410- 04/TKT Mayor Inf Yudi Nugroho, Ketua PGIW Lampung Pdt. Samuel Cristian Sitompul, MTh, Ketua/Rektor Sekolah Tinggi Teologi Syalom Bandar Lampung Dr. Kanafi, M.Pd.K dan Para Pendeta Se Bandar Lampung.

favorite 1 likes

question_answer 0 Updates

visibility 682 Views

Update
No Update Available
Related News
Koramil 03/GP gelar halal bihalal dan kejutan HUT Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk
Pangdam Jaya pimpin Sertijab Danrem 052 Wijayakrama
Korem 052/Wijayakrama gelar tradisi Penyambutan Pejabat Danrem Baru
×