Selasa, 15 Agustus 2023 10:11

Forum kerja sama media “Mitra Afrika” 2023 digelar di Nairobi

Media

Forum kerja sama media “Mitra Afrika” 2023 yang diselenggarakan bersama oleh CMG (China Media Group) dan AUB (Persatuan Penyiaran Afrika) digelar di Nairobi, Kenya pada tanggal 14 Agustus kemarin. Wakil Kepala Departemen Publisitas Komite Sentral PKT selaku Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok, Hu Heping hadir dan menyampaikan sambutannya. Wakil Kepala Departemen Publisitas Komite Sentral PKT selaku Direktur CMG Shen Haixiong menyampaikan pidato secara virtual. Presiden AUB Gregoire Ndjaka dan sekitar 100 penanggung jawab media dari 27 negara Afrika termasuk Kenya, Afrika Selatan dan Nigeria berpartisipasi dalam forum kali ini.

Hu Heping dalam kata sambutannya menyatakan, forum kali ini menggelar pertukaran dengan tema “Bersama Mengupayakan Saling Pembelajaran Peradaban, Bersama Ciptakan Masa Depan”, mempunyai makna yang sangat penting untuk mendorong berbagai kalangan memikirkan dan merencanakan kerja sama bersahabat antara Tiongkok dan Afrika dengan visi yang lebih luas, serta mendorong pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Afrika.

Diharapkan, media-media Tiongkok dan Afrika dapat bergandengan tangan untuk bersama-sama membangun jembatan pertukaran budaya, mengumpulkan kesepahaman bersama, aktif menciptakan suasana internasional untuk pembangunan yang kohesif dan merencanakan kerja sama, serta bersama-sama mendorong pembangunan berkelanjutan Tiongkok-Afrika.

Shen Haixiong dalam pidatonya menyatakan, “Tahun ini bertepatan dengan peringatan 10 tahun Presiden Xi Jinping mengajukan kebijakan dan pandangan kepentingan tepat terhadap Afrika yang tulus dan bersahabat. Kami akan mendorong Tiongkok dan Afrika bersama-sama menikmati pembangunan yang makmur, menyebarluaskan hasil modernisasi peradaban manusia. Belum lama berselang, CMG bersama media-media dari Kenya dan Afrika Selatan menggelar serangkaian aktivitas media termasuk “Perjalanan Baru Tiongkok dan Dunia”, serta “Modernisasi ala Tiongkok dan Peluang Baru Dunia”, aktivitas tersebut mengundang tanggapan hangat dari masyarakat Tiongkok dan Afrika.

Kami akan terus memperdalam penyebaran dengan memadukan “pikiran+kesenian+teknologi”, menyebarluaskan dan membagikan pengalaman dan kecerdasan Tiongkok, bersama mitra-mitra Afrika mendorong pelaksanaan inisiatif Pembangunan Global, inisiatif Keamanan Global dan inisiatif Peradaban Global.
Sebagai sebuah hasil yang penting, Forum mengeluarkan “Deklarasi Bersama Forum Kerja Sama Media ‘Mitra Afrika’ 2023”.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 3086 Views

Update
No Update Available
Related News
Acara televisi “Ni Hao! Tiongkok” resmi ditayangkan di Indonesia
Podcast multibahasa “Stories of Xi Jinping” diluncurkan secara global
Forum kerja sama media “Mitra Afrika” 2023 digelar di Nairobi
×