Sabtu, 18 November 2023 16:29

Solusi yang diajukan Xi Jinping: membangun “tiga dasawarsa emas” baru bagi pembangunan Asia Pasifik

Luar Negeri

Sabtu hari ini waktu setempat (17/11) Amerika Serikat, pertemuan informal ekonomi pemimpin APEC ke-30 digelar di Los Angeles AS. Dalam kurun waktu 30 tahun yang lalu, “keajaiban Asia Pasifik” yang diciptakan bersama 21 anggota APEC semat dikagumi seluruh dunia. Bagaimana Asia Pasifik mewujudkan pembangunan “Tiga Dasawarsa Emas” baru pada masa mendatang? Solusi telah dipaparkan oleh pemimpin tertinggi Tiongkok Xi Jinping dalam pidatonya, yaitu berinti dengan mempertahankan terbuka dan kerja sama dan bersama mengupayakan pembangunan.

Apa itu “Keajaiban Asia Pasifik?

Selama tiga dekade yang lalu, kawasan Asia Pasifik telah memelihara pertumbuhan jangka panjang dan konsisten, pendapatan per kapita bertambah lebih dari dua kali lipat, nilai perdagangan menduduki sekitar separo dari total seluruh dunia, tarif bea cukai rata-rata menurun dari 17% hingga 5%, berkontribusi lebih dari 70 persentase pertumbuhan ekonomi dunia, dan menjadi salah satu daya penggerak dari pertumbuhan ekonomi global.

Dalam waktu tiga dekade lalu, pembangunan dunia penuh dengan tantangan, struktur internasional pun telah mengalami perubahan besar, sejumlah daerah tetap menderita guncangan, ditambahkan pula imbas beberapa kali krisis keuangan, bagaimana Asia Pasifik tetap menciptakan keajaiban?

Proklamasi Los Angeles yang diluluskan pertemuan kali ini telah memberi jawaban sebagai berikut: selama 30 tahun lalu, berbagai pihak dengan teguh mempertahankan piagam organisasi APEC, agar kawasan ini bertumbuh menjadi pelopor pertumbuhan global. Piagam dan cita-cita awal tersebut sebenarnya adalah berpegang pada ide kerja sama mengupayakan kesamaan dan mengesampingkan perbedaan, terbuka dan inklusif, selalu berfokus pada pembangunan biar pun bagaimana berubahnya struktur internasional.

Bagaimana Rute menuju“Tiga Dasawarsa Emas”?

Xi Jinping telah mengajukan tanya global yang karakteristik diri sendiri di depan pertemuan informal pemimpin APEC, yakni kita hendaknya dengan serius mempertimbangkan, membawa Asia Pasifik rupa apa saja ke pertengahan abad ini? Bagaimana membangun periode “Tiga Dasawarsa Emas” baru bagi pembangunan Asia Pasifik?

Beliau sempat mengajukan empat butir usulan, antara lain mempertahankan dimotivasi oleh inovasi, mempertahankan berorientasi pada terbuka, mempertahankan pembangunan hijau, mempertahankan inklusivitas dan pembagian bersama. Sementara yang menjadi inti dari usulan tersebut tetap adalah berpegang teguh pada ide kerja sama yang terbuka, kerja sama dan bersama mengupayakan pembangunan. Ide tersebut merupakan dasar solusi Xi Jinping, tapi juga adalah kesimpulan pengalaman pembangunan Asia Pasifik dalam waktu 30 tahun lalu.

Kami telah memperhatikan bahwa, ide dan sejumlah anjuran Xi Jinping sudah turut menjadi kesepahaman internasional, dan juga dicerminkan dalam Proklamasi Los Angeles: kami menegaskan kembali untuk membangun iklim perdagangan dan investasi yang bebas, terbuka, setara, non diskriminatif, transparan, inklusif dan diprediksi. Berupaya untuk memelihara terbuka pasar, menyelesaikan masalah pemutusan rantai pasokan. Menguatkan konektivitas fasilitas, komunikasi kebijakan dan saling pengertian antara rakyat. Mendorong penanganan perubahan iklim dan transisi digitalisasi.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 182 Views

Update
No Update Available
Related News
PM Kuba Manuel Marrero Cruz terima wawancara khusus CGTN
Ding Xuexiang hadiri KTT G77 dan RRT dalam rangkaian COP28 dan sampaikan pidato
Presiden CMG Shen Haixiong dianugerahi “Penghargaan Final” oleh pemerintah Argentina kini
×