Kamis, 28 Maret 2024 14:56

Xi Jinping berharap para anggota MPPR aktif berikan masukan untuk dorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok

Luar Negeri

Pada hari Rabu kemarin (6/3), Presiden Xi Jinping menengok para anggota Komite Revolusioner Kuomintang, kalangan dari iptek, beserta kalangan dari lingkungan hidup dan sumber daya yang hadir dalam sidang ke-2 Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat (MPPR) ke-14, untuk mendengarkan pendapat dan masukan mereka.

Beliau menekankan, hendaknya para anggota dari berbagai faksi, kelompok, etnis dan kalangan berfokus pada tugas strategis penting yang diajukan Kongres Nasional ke-20 PKT dan rapat ekonomi Komite Sentral PKT, melakukan penelitian secara mendalam, aktif memberikan masukan, dan mengumpulkan kesepahaman luas, demi mendorong pembangunan modernisasi ala Tiongkok.

Dalam diskusi panel tersebut, enam anggota MPPR antara lain Xia Xianpeng, Tian Hongqi, Wu Jianping, Zhao Yuliang, Huang Miansong dan Hu Songqin berpidato mengenai peningkatan kerja sama rantai pasokan industri antara kedua tepi Selat Taiwan, penyatuan tanah air, pendorongan pembangunan negara kuat siber dan pembangunan bermutu tinggi dengan teknologi inti internet, pendorongan industrialisasi hasil-hasil inovasi iptek, pendorongan pengembangan industri perlindungan ekologi dan lingkungan yang bermutu tinggi, peningkatan penanganan polutan baru dan lain sebagainya.

Setelah mendengarkan pidato mereka dengan seksama, Xi Jinping menyatakan, dirinya merasa sangat gembira dapat bertukar pendapat dan mendengarkan masukan para anggota MPPR. Dirinya mewakili Komite Sentral PKT menyampaikan salam tulusnya kepada para anggota peserta diskusi, para anggota Komite Revolusioner Kuomintang, tokoh dari kalangan iptek dan sumber daya lingkungan, serta para anggota MPPR.

Xi Jinping menekankan, tahun 2023 adalah tahun pertama pelaksanaan semangat Kongres Nasional ke-20 PKT secara menyeluruh. PKT memimpin rakyat berbagai etnis Tiongkok, mempertahankan prinsip perkembangan di tengah kestabilan, dengan tegas melaksanakan transisi kebijakan penanggulangan wabah covid-19, dengan sekuat tenaga mendorong pemulihan dan perkembangan ekonomi, dengan teguh mendorong modernisasi ala Tiongkok, telah mencapai target pembangunan ekonomi dan sosial, mengayunkan langkah yang stabil dalam membangun negara sosialis modern.

Xi Jinping menekankan pula, Komite Revolusioner Kuomintang hendaknya lebih lanjut menetapkan posisinya, mengembangkan keunggulan secara maksimal, dan mengambil tindakan positif, menyatukan semangat nasionalisme, baik dari dalam dan luar negeri, baik dari dalam dan luar Taiwan, terus meningkatkan kekuatan anti Kemerdekaan Taiwan, bersama-sama mendorong proses penyatuan kembali Tiongkok secara damai.

Hendaknya dengan aktif mendorong pertukaran dan kerja sama di bidang iptek, pertanian, budaya dan sosial serta pemuda antara kedua tepi selat, sekaligus memperdalam integrasi dan perkembangan di berbagai bidang antara kedua tepi selat.

Xi Jinping menunjukkan, para anggota MPPR dari kalangan iptek dan para pekerja dari bidang iptek hendaknya lebih lanjut memperkuat iptek demi pembangunan negara, mengemban misi inovasi iptek, meningkatkan penelitian dasar dan penelitian terapan dasar, mewujudkan litbang teknologi inti dan krusial, membina dan mengembangkan daya penggerak yang baru untuk mengembangkan tenaga produktif berkualitas baru.

Hendaknya memberikan masukan yang pragmatis dan bermanfaat untuk mendorong reformasi mekanisme iptek dan mekanisme pembangunan sumber daya manusia, menyempurnakan sistem penilaian iptek dan mekanisme insentif, lebih lanjut menggali kekuatan inovasi dan potensi tenaga kerja bertalenta dari berbagai bidang.

Xi Jinping menekankan pula, para anggota dari kalangan sumber daya lingkungan hendaknya meningkatkan perlindungan ekosistem dan lingkungan, memberikan kontribusi baru dalam mendukung pembangunan bermutu tinggi dengan perlindungan berlevel tinggi.

Dengan teguh menjaga garis batas perlindungan eksploitasi wilayah, menyempurnakan sistem pengelolaan lingkungan ekologi, memperkukuh fondasi pembangunan ekosistem bermutu tinggi.

Menuntaskan pedoman penanganan polusi secara tepat, menyeluruh, ilmiah dan berdasarkan hukum, mendorong pengembangan ekonomi dan sosial yang hijau dan rendah karbon, meningkatkan penghematan sumber daya dan penggunaan secara ulang, membuka jalur realisasi nilai produk ekologi, aktif mendorong tercapainya puncak karbon dan netral karbon, menginjeksikan daya penggerak yang baru demi mewujudkan pembangunan bermutu tinggi dan menciptakan keunggulan yang baru.

Xi Jinping menambahkan, tahun ini bertepatan dengan peringatan 75 tahun pembentukan MPPR. MPPR hendaknya mewarisi tradisi baik, mengingat tanggung jawab politik, meningkatkan kepemimpinan politik, meningkatkan pembangunan lembaga konsultasi khusus, meningkatkan pembangunannya sendiri, para anggota MPPR hendaknya meningkatkan kualitas diri dan kemampuan menjalankan tugas, terus membuka babak baru pekerjaan MPPR dan usaha kerja sama antar berbagai partai di era baru.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 335 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping memimpin simposium mengenai pendorongan pembangunan Tiongkok barat di era baru
Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Tiongkok
Xi Jinping inspeksi Taman Pusat Logistik Internasional Chongqing
×