Selasa, 07 Mei 2024 14:35

Xi Jinping terbitkan artikel di media Serbia

Luar Negeri

Selasa hari ini (7/5), menjelang kunjungan kenegaraan ke Serbia, Presiden Tiongkok Xi Jinping menerbitkan artikel yang berjudul “Persahabatan Sejati Terangi Jalan Kerja Sama Tiongkok-Serbia” dalam surat kabar “Politico” Serbia.

Xi Jinping dalam artikel tersebut menunjukkan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan keduanya ke tanah legendaris dan indah Serbia, setelah dirinya menjabat sebagai presiden Republik Rakyat Tiongkok.

Jarak antara Tiongkok dan Serbia sangat jauh tapi hati rakyat kedua negara selalu dekat.

Bagaimana pun situasi internasional berubah, Tiongkok dan Serbia selalu menjadi sahabat sejati dan mitra yang baik bagi satu sama lain.

Kedua pihak menjunjung sikap saling menghormati dan saling percaya, kemitraan strategis komprehensif kedua negara terus diperdalam dan diperkukuh.

Kedua pihak menjunjung prinsip saling menguntungkan, dan bekerja sama erat untuk membantu proses modernisasi negara masing-masing.

Kedua pihak mempertahankan persaudaraan yang berharga dengan saling membantu dan menyediakan bantuan darurat.

Kedua pihak saling belajar dan aktif melakukan pertukaran pengalaman pengelolaan dan pemerintahan. Persahabatan sejati kedua negara telah bersejarah panjang dan terus berkembang, telah menjadi panutan bagi hubungan antar negara dan antar rakyat.

Xi Jinping menekankan bahwa hubungan persahabatan dan kerja sama Tiongkok-Serbia yang saling menguntungkan dalam jangka panjang sepenuhnya membuktikan bahwa perkembangan mendalam dan berkelanjutan hubungan kedua negara telah mengikuti tren sejarah, sesuai dengan kepentingan mendasar rakyat, dan bermanfaat bagi kedua belah pihak untuk berkembang bersama.

Melalui kunjungan kali ini, dirinya bersedia berupaya bersama dengan pihak Serbia, mengembangkan persahabatan kukuh Tiongkok-Serbia, dengan tindakan nyata, menyejahterakan rakyat kedua negara dengan lebih baik, mendorong perdamaian dan pembangunan dunia, serta bersama mendorong pembentukan komunitas senasib sepenanggungan umat manusia.

Kedua pihak hendaknya selalu menjalin persahabatan yang tulus dan sejati, serta memperdalam dan memperluas kemitraan strategis komprehensif.

Kedua pihak hendaknya selalu menjadi mitra baik yang bekerja sama dan menang bersama bagi satu sama lain, berbagi peluang pembangunan, dan bersama menciptakan masa depan yang indah.

Kedua pihak hendaknya selalu menjadi teladan yang baik dalam mendorong keadilan dan kesetaraan, serta meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam lembaga internasional seperti PBB.

Kedua pihak hendaknya selalu menjadi sahabat baik yang saling mengerti, dan menciptakan pola pertukaran budaya dan kerja sama daerah yang tiga dimensi dan beragam, agar obor persahabatan Tiongkok-Serbia dapat diteruskan dari generasi ke generasi.

Xi Jinping menunjukkan bahwa kedua pihak tidak boleh melupakan hari yang sama pada 25 tahun yang lalu, NATO secara terang-terangan mengebom Kedutaan Besar RRT di Federasi Yugoslavia.

Rakyat Tiongkok menghargai perdamaian, namun tidak akan membiarkan tragedi sejarah terulang kembali. Persahabatan yang terjalin dengan darah rakyat Tiongkok dan Serbia telah menjadi kenangan bersama rakyat kedua negara, dan akan menginspirasikan kedua belah pihak untuk maju bersama.

Tiongkok bersedia bersama dengan teman-teman Serbia, tanpa melupakan tujuan awal, bergandengan tangan maju, bersama menulis bab baru revitalisasi bangsa, bersama membangun komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Serbia di era baru.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 260 Views

Update
No Update Available
Related News
Mampir ke museum bersama Presiden Xi
Hubungan baik Tiongkok dan Rusia justru berikan inspirasi kepada dunia yang menggejolak
Peringatan Hari Museum Internasional, momen pas untuk belajar sejarah
×