Jumat, 12 Juli 2024 09:15

Babinsa Koramil 03/Grogol Petamburan berikan Wasbang dan PBB bagi murid baru MAN 1 Jakarta

Peristiwa

Jakarta Barat - Dalam rangka memberikan bimbingan di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah secara edukatif, Babinsa Koramil 03/Grogol Petamburan - Kodim 0503/Jakarta Barar Serka Bachtiar, Sertu Yitno dan Serda Kamit membekali 139 siswa-siswi baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jakarta dengan Wawasan Kebangsaan dan PBB, bertempat di Sekolah MAN 1 Jakarta Jl.Rawa Bahagia Raya RT.07/RW.02 Kelurahan Grogol, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Kamis (11/07/2024).

Di awal arahannya, Babinsa Koramil 03/GP Serda Kamit menjelaskan tentang dirinya selaku aparat komando kewilayahan sebagai Babinsa Kelurahan Grogol yang memiliki tupoksi pembinaan teritorial yang meliputi 10 Rukun Warga Kelurahan Grogol.

Sebagai Babinsa, Serda Kamit mempunyai tanggung jawab memberikan edukasi kepada warga binaan salah satunya adalah materi Wawasan kebangsaan yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri, lingkungannya dan Tanah Airnya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dalam upaya mewujudkan cita-cita Nasional.

“Pemahaman tentang wawasan kebangsaan ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pemahaman, menumbuh kembangkan semangat persatuan dan kesatuan terutama di kalangan Generasi muda demi menjaga keutuhan NKRI,” tambah Serda Kamit.

“Di era digital ini diharapkan para pelajar melakukan bela negara sebagai wujud cinta tanah air sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945 pasal 27 ayat 3 bahwa setiap warga negara berhak & wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Dan pasal 30 ayat 1 bahwa tiap-iap warga negara berhak ikut serta dalam upaya pertahanan keamanan negara,” urainya.

Di akhir materi, Serda Kamit berpesan, “Apa bentuk bela negara bagi Pelajar?. Sebagai wujud bela negara yang harus dilakukan oleh para pelajar adalah melaksanakan belajar dengan baik, manfaatkan teknologi digital untuk pendidikan, berinovasi untuk kemajuan diri, jangan terlibat narkoba, jangan tawuran antarpelajar dan sebagainya. Tanamkan diri kalian budi pekerti yang luhur, dan implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, di lingkungan sekitar, di dalam lingkungan sekolah dan juga dalam lingkup pergaulan dengan teman-teman kalian”.

Selain itu para siswa/siswi baru MAN 1 Jakarta juga diberikan pelatihan baris berbaris yang diberikan oleh Serka Bachtiar, Sertu Yitno dan Serda Kamit.

“Saya Sertu Yitno Babinsa Koramil 03/Grogol Petamburan akan memberikan Pelatihan PBB bagi para siswa/siswi baru MAN 1 Jakarta. Ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi, sekaligus menanamkan nilai-nilai disiplin, kedisiplinan, kekompakan, loyalitas, dan rasa tanggung jawab, serta menanamkan mental mereka agar tidak terlibat hal-hal negatif seperti tawuran dan narkoba,” jelas Sertu Yitno.

“Ada 12 gerakan dasar dari PBB yang kita berikan kepada mereka mulai dari sikap sempurna, istirahat di tempat, lencang depan, lencang kanan, hadap kiri, hadap kanan, balik kanan, hadap serong kanan, hadap serong kiri, berhitung, hormat, dan jalan di tempat,” pungkas Sertu Yitno.

Sementara itu, di tempat terpisah Komandan Koramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk, S.E., M.H., M.M., kepada awak media mengatakan, “Hari ini, Babinsa Koramil 03/GP memberikan bimbingan berupa materi Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk para siswa/siswi baru di Sekolah MAN 1 Jakarta”.

“MPLS merupakan periode singkat di awal tahun ajaran yang dirancang khusus untuk memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah, proses pembelajaran, serta komunitas sekolah yang akan menjadi tempat mereka belajar dan berkembang selama beberapa tahun ke depan,” tandas Danramil.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Babinsa Koramil 03/GP Serka Bachtiar, Sertu Yitno dan Serda Kamit, Kepala Sekolah MAN 1 Jakarta Drs. Atomi M.Pd., para guru siswa/siswi baru Sekolah MAN 1 Jakarta.

(M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 299 Views

Update
No Update Available
Related News
Kunjungan Bersejarah: Danrem 052/Wkr pimpin langsung pengamanan kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia
Wujud Nyata Ketahanan Pangan, Koramil 03/Grogol Petamburan panen raya budidaya ikan bersama masyarakat
Danrem 052/Wijayakrama kawal ketat peresmian Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak oleh Presiden Jokowi di RS Kanker Dharmais
×