Rabu, 04 Oktober 2017 11:08

UMK dukung Batik Bakaran dipatenkan

Banjir

Universitas Muria Kudus (UMK) melaksanakan program pengabdian masyarakat Iptek bagi Produk Unggulan Daerah (IbPUD), mendukung berbagai upaya pengembangan Batik Bakaran Juwana, Pati.



Ada tiga dosen yang terlibat dalam program tersebut, yaitu Mukhamad Nurkamid S.Kom M.Cs (ketua), serta Budi Gunawan ST. MT. dan Sri Mulyani SE.I M.Si (anggota). Program IbPUD ini berlangsung selama tiga tahun, 2017 hingga 2019.



Dalam paparannya Mukhamad Nurkamid menjelaskan, fokus utama program IbPUD ini, yaitu membantu meningkatkan produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang Batik Bakaran Juwana, Pati, agar lebih bisa bersaing di pasar global melalui pemanfaatan teknologi.

Untuk pemanfaatan teknologi, antara lain dengan mengaplikasikan teknologi untuk filterisasi limbah, pemanfaatan software keuangan, dan melakukan penetrasi pasar berbasis teknologi informasi.



Selain itu, tim juga mendorong pengembangan usaha Batik Bakaran Juwana, Pati dengan mengambil peran dalam melakukan pembenahan di bidang manajemen usaha dan keuangan serta peningkatan skill Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, juga mendorong dipatenkannya produk Batik Bakaran Pati.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 559 Views

Update
No Update Available
Related News
Meski tidak hujan, simpang perempatan Mampang-Pancoran Mas Depok, tergenang banjir
Tujuh kecamatan di Kabupaten Brebes terendam banjir
Banjir rendam perempatan Kodim, Pancoran Mas, Depok
×